Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Maag

by
January 27th, 2015 at 9:01 am

CiriCara.com – Pernah melihat orang sakit maag? Atau bahkan kalian salah satu yang menderita penyakit ini? Pasti sakit banget di saat penyakit maag ini sedang kambuh. Kita bisa merasa ingin berteriak, terdiam tak bergerak menahan rasa sakit, keringat dingin, muntah, pingsan dan lainnya.

sakit maag

Sakit Maag – Ist

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, karena saya juga menderita penyakit ini yang sudah sejak lama ada di tubuh saya ini. Berikut 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari para penderita penyakit maag:

1. Makanan Pedas

Wah ini sangat berbahaya. Walau pun kandungan dalam cabai terdapat zat yang dapat membantu menghancurkan kuman penyebab penyakit maag seperti artikel yang sudah saya tulis sebelumnya mengenai seputar cabai, namun hal ini tidak dapat dipungkiri menjadi penyebab penyakit maag kita kambuh. Kandungan lain dalam cabai bersifat tajam sehingga dapat mengikis permukaan lambung atau mukosa lambung kita. Juga biji cabai yang sulit dicerna menambah berat kerja lambung.

2. Makanan Asam

Kandungan asam dapat memperparah penyakit maag kita. Pada lambung kita sudah terdapat zat asam yaitu HCl atau asam klorida yang bersifat sangat asam. Namun bakteri bakteri dalam lambung menjadikan asam ini tidak bisa melukai lambung secara langsung. Mengkonsumsi asam, membuat kemungkinan bakteri penetral asam di lambung menjadi kurang sehingga asam yang berada di dalam lambung kita mengikis lambung kita dan membuat lambung kita menjadi pedih.

3. Manis

Percaya atau tidak percaya, beberapa penderita maag ada yang alergi terhadap rasa ini. Ibu saya dan beberapa temannya contohnya, jika lambung mereka sedang sensitif, maka makanan manis akan membuat maag mereka bertambah parah.

4. Makanan Keras

Makanan keras atau yang sulit dicerna. Hal ini akan membuat kerja lambung bertambah berat sehingga bisa merusak lambung. Karena itu usahakan kunyah dengan baik makananmu sebelum menelannya.

5. Minuman Bersoda

Kandungan soda dapat meningkatkan gas di dalam lambung dan memicu asam lambung menjadi naik.

Wah, bagi kamu yang menderita penyakit maag tolong sebisa mungkin hindari makanan itu sebelum lambung kita berubah menjadi status ulkus dan tukak lambung. Ayo jaga lambungmu agar tidak mengganggu aktivitas akibat maag. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini