Perkataan Orang Tua yang Bisa Berdampak Buruk Pada Anak

by
January 27th, 2015 at 9:48 am

CiriCara.com – Sudah menjadi hal yang wajar jika orang tua menasehati anaknya agar tidak terjerumus ke dunia yang salah. Namun, sering kali para orang tua tidak sadar bahwa apa yang mereka ucapkan bisa berdampak buruk pada mental si anak.

diperlakukan seperi anak-anak

Ist

Anda tentu ingin menjadi orang tua yang baik untuk si anak. Begitu juga anak, dia pasti ingin menjadi kebanggan orang tua. Menasehati atau mengkritik anak itu boleh-boleh saja, tapi Anda sebagai orang tua juga harus tahu batasannya.

Jangan sampai Anda mengucapkan kalimat buruk berikut ini:

1. “Waktu seumur kamu, ayah/ibu tidak pernah senakal ini”

Kalimat seperti ini seringkali terucap dari orang tua yang sudah sangat kesal dengan anaknya. Padahal, hal ini justru akan membuat si anak merasa tidak dihargai dan jadi tidak percaya diri. Bahkan, anak Anda bisa saja merasa sakit hati dan malah jadi lebih nakal.

2. “Coba lihat kakak/adik kamu, mereka tidak nakal seperti kamu”

Banyak orang tua yang suka menasehati anaknya dengan cara membandingkan perilaku si anak dengan saudara-saudaranya. Padahal cara ini bisa berdampak buruk pada si anak. Dia akan merasa telah diperlakukan tidak adil dan bisa jadi dia juga bakal memusuhi saudaranya karena merasa kesal dengan Anda.

3. “Kapan kamu bisa membuat kami bangga?”

Rasa kecewa mendalam yang dirasakan orang tua sering membuat mereka kesal terhadap anaknya. Akibatnya, kalimat tersebut pun keluar dari mulut dengan mudahnya. Padahal, hal ini justru akan membuat si anak merasa tidak ada gunanya dan akhirnya malah jadi tertekan karena tidak pernah dibanggakan orang tuanya.

4. “Lihat si A, dia anaknya rajin dan pintar. Kamu?”

Kalimat ini juga sering jadi andalan para orang tua. Dengan maksud si anak bakal meniru perilaku baik si A dan bisa termotivasi karenanya. Namun ternyata, hal ini juga bisa membuat anak malah menganggap bahwa Anda lebih bangga dengan anak orang lain dibanding anak sendiri. Tentu hal ini tidak akan bagus untuk hubungan Anda dengan anak.

5. “Lebih baik tak punya anak, daripada punya akan sepertimu”

Apa pun yang terjadi, jangan pernah Anda mengucapkan kalimat ini kepada si anak. Kalimat tersebut tentu akan membuat si anak sakit hati dan depresi. Sebagai orang tua, Anda harus bisa menahan emosi saat menghadapi kenakalan si anak. Jangan sampai dia merasa Anda menyesal telah melahirkannya ke dunia.

Namanya juga anak-anak, jadi wajar saja jika mereka sering melakukan kenakalan dan kesalahan. Tinggal Anda sebagai orang tua harus ekstra sabar dalam mendidik dan mengarahkan mereka ke hal yang benar. Kritik dan nasehati anak dengan kalimat yang membangun, bukan malah menjatuhkan mereka. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini