4 Makanan Lezat Hasil Olahan Fermentasi

by
January 28th, 2015 at 1:43 pm

CiriCara.com – Takut sama bakteri? Takut dong, itu kan penyebab kita sakit. Belum tentu loh. Masak sig? Beberapa makanan favorit kalian juga membutuhkan bantuan bakteri dalam proses pembuatannya. Bahkan bakteri tersebut akan sangat berguna bagi kesehatan tubub kita. Selain bakteri, jamur juga bisa dijadikan indikasi makanan rusak? Masak sih? Tidak semua jamur tentunya. Beberapa jamur juga bersifat baik dan bermanfaat bagi tubuh. Bahkan jamur yang membuat rasa makanan menjadi tidak enak, beberapa jamur malah membuat rasa makanan menjadi khas. Masih bingung? Yuk disimak beberapa olahan fermentasi yang lezat tentunya.

tempe

Tempe – Ist

1. Tempe

Nah, olahan kacang kedelai ini sangat lu di pasaran. Makanan khas Indonesia ini mempunyai sangat banyak penggemar. Selain rasanya yang nikmat, tempe juga memiliki harga yang murah dan juga nutrisi yang tinggi. Kandungan kalsium dari kacang kedelai membuat makanan ini dapat membantu pertumbuhan tubuh. Makanan yang dibalut oleh jamur berwarna putih ini, jika semakin banyak.jamurnya semakin padat kacangnya dan semakin nikmat rasanya. Tempe juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan lagi seperti tempe sambel, tempe orek hingga keripik tempe.

2. Yogurt

Minuman lezat satu ini juga sangat laku di pasaran. Berbahan dasar dari susu membuat minuman ini mempunyai begitu banyak penggemar walauoun mempunyai rasa yang kuat dan sedikit asam. Rasa asam pada yogurt dihasilkan dari fermentasi bakteri. Yogurt juga diolah menjadi berbagai macam olahan seperti campuran minuman, es krim dan kue. Yogurt juga sangat membantu dalam proses.metabolisme tubuh yaitu melancarkan pencernaan.

3. Keju

Keju juga berbahan dasar dari susu sapi. Keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi juga. Memiliki rasa yang sedikit agak asin. Sering dijadikan campuran dalam pelengkap berbagai macam makanan dan minuman seperti martabak, roti, juice hingga nasi goreng. Beberapa produsen susu juga sudah ada yang menggunakan susu kedelai sebagai bah dasarnya untuk membantu mereka yang mempunyai alergi laktosa untuk tetap dapat menikmati makanan berwarna kuning ini.

4. Nata de Coco

Nata de Coco berbahan dasar dari air kelapa. Nata de coco mempunyai warna putih dan sering dijadikan campuran minuman dan toping dalam menikmati es krim. Makanan yang memiliki tekstur kenyal ini sangat laku di pasaran

Apakah semua olahan fermentasi di atas merupakan favoritmu? Selain rasa.yang lezat, kaya akan gizi, harga untuk.menikmatinya juga cukup terjangkau. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini