Cara Agar tidak Bingung Setelah Lulus Kuliah

by
January 28th, 2015 at 11:14 am

CiriCara.com – Setelah terbebas dari tugas-tugas kuliah yang bikin pusing kepala, kini saatnya bersenang-senang. Akhirnya kita lulus kuliah juga! Nggak ada lagi dosen killer dan nggak ada lagi tugas kuliah yang menumpuk segunung.

kuliah

Lulus kuliah – Ist

Merdeka! Mungkin itu yang dirasakan oleh para mahasiswa yang baru lulus kuliah. Padahal, kenyataannya nggak semudah yang dibayangkan. Kamu bakalan ngalamin yang namanya rasa “bingung”. Iya, bingung mau jawab apa pas ditanya, “abis kuliah mau apa?”

Kan pasti kamu bakalan malu banget tuh pas ditanya kayak gitu. Masa iya, jawabnya cuma ee..aa..ee.. doang. Mana kewibawaan kamu sebagai seorang yang pernah kuliah? Jangan permalukan dirimu dan universitas tempat kamu kuliah.

Biar nggak bingung-bingung amat, yuk mari simak cara-cara berikut ini:

1. Nyari kegiatan positif

Kamu pasti bakalan merasa aneh, karena biasanya harus bangun pagi terus berangkat kuliah. Tapi sekarang, kamu bangun pagi terus hanya bisa bengong di teras karena belum ada kerjaan. Nah, supaya hari kamu nggak ngebingungin kayak gitu, mending kamu nyari kegiatan yang positif. Misalnya, ikut kerja bakti, beres-beres rumah, atau bisa ikut bantu bisnis orangtua.

2. Punya rencana

Kamu merasa bingung karena nggak punya rencana. Untuk itu, kamu mulai sekarang harus menyusun rencana dengan baik. Kira-kira langkah apa yang akan diambil setelah kuliah, entah melanjutkan kuliah ke S2, buka usaha, kerja, atau bahkan menikah. Minimal kamu nggak bingung lagi kalo ditanya, “setelah kuliah, kamu mau apa?”

3. Jaga komunikasi

Meskipun udah lulus, nggak ada salahnya kamu sesekali berkunjung ke kampus. Siapa tahu di sana ada info pekerjaan, daripada kamu bengong di rumah. Komunikasi dengan teman juga harus tetap dijaga, siapa tahu ada yang nawarin pekerjaan. Jadi tetap jaga komunikasi kamu dengan pihak kampus maupun teman. Jangan cuma pacar aja yang diteleponin tiap detik, sayang pulsanya.

4. Ikut pelatihan

Kamu merasa ilmu yang didapat di kampus masih kurang? Coba manfaatkan waktu liburan kamu untuk ikut pelatihan, entah itu pelatihan komputer atau bengkel otomotif. Minimal, pengetahuan kamu bisa bertambah dan tentu bisa jadi bekal yang bagus untuk masa depan.

5. Minta saran orangtua

Orangtua yang biaya-in kamu buat kuliah, jadi nggak ada salahnya jika kamu minta saran mereka. Siapa tahu orangtua kamu punya rekan bisnis atau teman yang bisa bantu kamu keluar dari masa kelam setelah lulus kuliah.

Liburan (nganggur) lama setelah lulus kuliah bisa membuat kamu jadi malas untuk melakukan semua hal. Untuk itu, jangan sampai deh kamu merasa nyaman jadi pengangguran. Karena kalau kamu udah pewe saat jadi pengangguran, maka kamu bakalan susah buat nyari kerja.

(YG)

Comment di sini