Hari Valentine, Cobalah Sesekali Puitis

by
January 28th, 2015 at 1:34 pm

CiriCara.com – Tanggal 14 Februari dikenal sebagai harinya kasih sayang. Sebutan terkenalnya 14 Februari adalah hari Valentine. Saya sendiri, terus terang bukan orang yang secara khusus merayakan itu. Hanya memang saya tahu, 14 Februari sering disebut sebagai hari kasih sayang. Namun, setiap mau tiba ke tanggal 14 Februari, ingatan kurang cekatan langsung mengingat tanggal itu hari Valentine.

puisi

Puisi cinta – Ist

Tapi memang menjelang tanggal itu, selalu banyak media yang membuat ingatan akhirnya mesti mengeja 14 Februari itu. Lihat saja promosi produk banyak yang memanfaatkan momen 14 Februari. Karena itu pula akhirnya saya kembali mengingatnya.

Namun memang apa salahnya merayakan ’14 Februari’. Toh merayakan kasih sayang sangat baik, bahkan mungkin sangat dianjurkan. Maka lakukanlah sesuatu yang berbeda dari biasanya untuk orang yang kamu cintai, entah itu istri, pacar, orang tua atau sahabat karibmu. Tak salahnya juga manfaatkan momen valentine. Salah satunya cobalah buat puisi yang benar-benar original berasal dari suara kalbumu. Puisi yang datang dari hatimu.

Tak perlu harus seperti puisi Rendra atau Kahlil Gibran. Tapi puisi yang benar-benar menunjukan perasaanmu. Susah cari bahan? Cobalah gali dari jejak kenangan yang pernah dilalui dengan orang yang kamu cintai. Kenangan indah tentunya lebih mudah untuk bisa diungkap jadi puisi. Misalnya di mana tempat pertama kamu ungkapkan rasa pada mantan pacarmu (istrimu). Di bioskop misalnya.

Sayang. Ingatkah kamu kisah di sebuah bioskop yang telah jadi jejak kenangan?

Bila kamu susah mengingatnya, baiklah aku akan coba menuturkan untukmu.

Saat itu, gerimis turun. Kita duduk canggung depan layar. Film pun diputar. Tapi kita kikuk memulai obrolan. Akhirnya hanya bisu sepanjang cerita film yang dipampang depan mati.

Film pun selesai, tanpa aku serius menyimaknya. Namun, saat kita melangkah ke pintu keluar, ku genggam tanganmu ragu-ragu. Tapi terasa kamu menyambutnya tanpa ronta. Aku lihat ada rona di wajahmu.

Suara hati pun mendesak tanpa bisa ditolak. Dengan gemetar ku bisikan sayup sebuah harapan. ” Aku sayang kamu”.

Langkahmu sejenak terhenti. Sebelum akhirnya ku tangkap seulas senyum, dan pegangan yang kian erat. Rasa pun buncah dalam dada. Bersamamu semoga semuanya akan indah. Ingatkah sayang….

Jadi, 14 Februari nanti, cobalah puitis sedikit dengan orang yang kamu cintai. Cobalah, segarkan kembali kasih sayangmu yang mungkin sedikit membeku karena rutinitas. Kirimkan entah itu via SMS, BBM, WA atau apapun yang penting si dia baca.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini