Jadi Wirausahawan? Jadi Pahlawan di Negeri Ini

by
January 28th, 2015 at 3:28 pm

CiriCara.com – Bagi saya, seorang wirausahawan adalah pahlawan. Mereka yang berani berdiri dengan kaki sendiri adalah orang-orang pemberani. Tak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga bagi orang lain. Karena semakin banyak anak-anak di negeri ini memutuskan jadi wirausahawan, semakin banyak yang akan mendapat harapan.

wirausahawan sukses

Jadi wirausahawan – Ist

Seorang yang memutuskan jadi usahawan, ia ibarat sedang menjadi lilin yang akan memberi pelita bagi yang sedang kegelapan. Mungkin nyala lilin pertama begitu redup. Namun, perlahan nyala akan kian terang. Jalan sekitar pun dapat penerang. Sehingga, akan banyak yang akan tertolong. Makin terang, makin banyak yang tak tersesat. Mungkin seperti itu ilustrasinya keberadaan dari seorang usahawan. Seorang yang mau punya usaha sendiri.

Pak Bob Sadino, almarhum adalah salah satu contohnya. Dia adalah seorang pemberani. Memutuskan jadi diri sendiri. Berusaha dengan potensi sendiri. Jatuh bangun dialami. Tapi dengan tekad dan usaha, perjuangan pun membuahkan hasil. Kini Pak Bob, sudah banyak membuat mimpi banyak orang bisa terwujud. Ia maju, sekaligus memberdayakan. Ia awalnya seperti lilin. Tapi lambat laun jadi bohlam dengan cahaya terang. Orang-orang pun banyak yang merasa mendapat obor untuk menerangi jalan hidupnya.

Maka, ketika Pak Bob dipanggil sang Khalik, jasanya dikenang bak seorang pahlawan. Tapi memang Pak Bob adalah seorang pahlawan. Pahlawan bagi banyak orang yang mampu ditolongnya. Pak Bob adalah pemberi nyala, yang membuat banyak orang kemudian merasa punya harapan dan pantas menggapai cita-cita.

Jadi sekali lagi, bagi saya seorang wirausahawan adalah pahlawan bagi negeri ini. Dan Pak Bob adalah salah satunya. Selamat jalan Pak Bob. Tuhan pasti menyambutmu dengan senyuman. Karena seseorang seperti Pak Bob adalah pemberi senyuman bagi orang lain. Lewat tangan-tangan orang – orang seperti Pak Bob, jutaan orang terangkat nasibnya. Dari yang tadinya luntang lantung, akhirnya punya pekerjaan.

Lewat pekerjaan itu pula mereka akhirnya punya mimpi, punya harapan, punya optimisme hidup dan masa depan mereka akan lebih baik lagi. Dan yang paling penting, mereka punya cita-cita yang mungkin selama ini sudah dianggap hilang. Serta yang tak kalah penting negeri ini punya tabungan inspirasi yang bisa menggerakan yang lainnya berbuat hal yang sama.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini