Cara Mengisi Baterai Android Agar Cepat Penuh

by
January 29th, 2015 at 3:47 pm

CiriCara.com – Kesal baterai smartphone atau phablet Android kamu tidak penuh-penuh meski sudah diisi ulang atau di-charge seharian? Pasti akan sangat menjengkelkan. Apalagi jika smartphone tersebut akan digunakan untuk hal yang penting.

android

Baterai Android – Ist

Iya, baterai smartphone atau phablet Android ini memang cepat sekali habis. Apalagi jika terlalu lama dipakai untuk menjalankan aplikasi ataupun untuk internet. Makanya, kebanyakan orang saat ini membeli power bank sebagai daya cadangan jika smartphone-nya mati.

Namun, kecepatan habisnya tidak sama dengan kecepatan mengisi ulang. Terkadang kita sampai kesal dibuatnya gara-gara baterainya nggak penuh juga meski sudah di-charge berjam-jam. Sebenarnya ada tidak sih cara supaya baterai Android ini bisa lebih cepat terisi saat di-charge?

1. Pakai charger asli

Pengisian baterai Android akan lebih maksimal jika memakai charger asli dari pabriknya. Hal ini karena besarnya daya yang dikeluarkan charger asli ini sudah disesuaikan sehingga lebih cocok untuk mengisi baterai smartphone. Jadi jangan asal pilih charger ya?!

Hindari juga pengisian baterai menggunakan laptop. Meskipun hal ini praktis, namun sebaiknya jangan dilakukan kecuali jika mendesak. Mengisi baterai lewat laptop hanya akan membuat smartphone jadi cepat panas dan daya tidak akan terisi maksimal.

2. Nonaktifkan atau mode pesawat

Jika memang tidak diperlukan, sebaiknya charger baterai Android dengan cara matikan daya smartphonenya. Atau Anda juga bisa memilih mode pesawat. Tujuannya agar mematikan koneksi radio yang cukup banyak memakai baterai smartphone.

3. Tutup semua aplikasi dan fitur

Pastikan semua aplikasi, game, maupun fitur lainnya sudah tertutup atau dimatikan saat smartphone di-charge. Hal ini karena aplikasi dan fitur seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan lainnya ini cukup menguras baterai smartphone Anda. Nah, supaya pengisiannya cepat selesai, maka tutuplah semua aplikasi dan fitur tersebut.

4. Jangan dimainkan

Mau dinonaktifkan takut ada telepon penting? Tenang, Anda bisa men-charge-nya dalam kondisi tetap menyala. Namun, sebaiknya jangan mainkan dulu smartphone Anda. Biarkan baterai smartphone Anda terisi penuh, baru lah boleh dimainkan.

5. Matikan jaringan data

Tidak mau memakai internet? Jangan lupa untuk mematikan jaringan data. Hal ini menghindari adanya aplikasi atau game yang melakukan update secara otomatis saat ada jaringan data/internet. Karena hal ini cukup memakai tenaga baterai.

Hindari men-charge sambil bermain game atau ber-internet. Hal ini akan menghambat proses pengisian baterai. Cobalah untuk bersabar sejenak sampai batera terisi penuh. Selain bisa mempercepat proses pengisian, cara-cara di atas juga menambah umur baterai agar tetap awet dan tidak mudah ngedrop.

(YG)

Comment di sini