Fakta Unik Bunga Tulip

by
January 29th, 2015 at 3:00 pm

CiriCara.com – Nama tulip mungkin sudah familiar di telinga kita. Namun, ada beberapa fakta unik tentang bunga nasional Negeri Kincir Angin ini yang belum banyak diketahui.

bunga tulip

Tulip – Ist

Apa sajakah fakta-fakta tersebut?

  1. Meskipun Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip, sebenarnya bunga tulip berasal dari Asia Tengah, termasuk Turki. Tulip merupakan nama genus (marga) untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan.
  2. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.
  3. Tulip berasal dari bahasa Persia, Delband yang memiliki arti ‘turban’. Sebab, bentuk mahkota bunganya menyerupai turban. Bunga tulip pada mulanya merupakan bunga liar di daratan Asia Tengah, dan mulai dibudidayakan orang-orang Turki pada tahun 1.000 Masehi. Sementara, di Turki sendiri bunga tulip disebut ‘lale’ atau lili.
  4. Bunga yang berwarna cerah ini diperkenalkan di Eropa pada tahun 1554 melalui sebuah hadiah dari Kekaisaran Ottoman.
  5. Bunga Tulip mulai dikenal di Belanda pada tahun 1594, setelah seorang ahli botani bernama Carolus Clusius dihadiahi beberapa potong umbi-umbian tulip oleh duta besar Konstantinopel bernama Oghier Ghislain de Busbecq. Lalu, Carolus Clusius menanamnya di taman botani tertua di Eropa, Hortus Botanicus of Leiden.
  6. Sekitar tahun 1600, bunga tulip pernah menjadi bunga yang paling banyak dicari ketika diperkenalkan di Belanda.
  7. Tulip juga pernah menjadi bunga termahal di dunia. Wow!
  8. Pada tahun 1696, bunga tulip sudah menjadi barang keempat terbanyak yang diekspor Belanda.
  9. Ada sekitar 3.000 varietas bunga tulip di seluruh dunia dengan 14 kelompok nama yang cantik. Wow, banyak banget, ya?
  10. Beberapa jenis bunga tulip memiliki aroma seperti namanya, misalnya Apricot beauty yang aromanya mirip buah apricot.
  11. Tulip baru ada di Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an.
  12. Bunga tulip dapat dikonsumsi! Anda dapat mencampurkan bunga ini ke dalam salad atau makanan penutup. Anda mau mencobanya?
  13. Ada festival tulip yang diadakan setiap tahun di beberapa negara. Misalnya Utah, Kanada, dan yang pasti, Belanda.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini