Pamer Kemesraan di Facebook Ciri Tidak Bahagia?

by
January 29th, 2015 at 10:29 am

CiriCara.com – Beranda akun Facebook kamu dipenuhi oleh status dan foto-foto kemesraan teman dengan pacarnya? Tentu hal ini sangat mengganggu dan tentu membuat kamu jadi risih. Apalagi jika kamu-nya masih jomblo. Jadi iri banget deh!

foto selfie

Pamer foto – Ist

Eits, jangan galau dan iri dulu sama mereka. Karena berdasarkan studi yang dilakukan Social Psychology Bulletin, pamer kemesraan di Facebook itu bisa jadi tanda hubungan mereka tidak bahagia. Lho kenapa? Kok bisa gitu? Ah yang bener?

Jadi menurut studi tersebut, beberapa orang cenderung suka mengunggah foto mesranya justru di saat mereka sedang merasa galau dengan hubungannya. Itu artinya, apa yang diunggah di Facebook belum tentu sama dengan kondisi di dunia nyata.

Kenapa bisa dibilang tidak bahagia?

1. Tidak ada timbal balik

Teman kamu upload foto mesra terus ditandai bersama pacarnya, tapi pacarnya tidak merespon, entah itu komentar atau “like”. Kemungkinan hubungannya lagi nggak baik. Dan mungkin juga saat itu si pacar lagi telepon dia buat nanyain, “Maksud kamu upload foto kayak gitu apa? Bikin malu aja.”

2. Sayang-sayangan di Facebook

Udah lama jadian tapi masih sayang-sayangan lewat komentar? Mungkin hubungannya lagi nggak baik. Logikanya, kenapa harus lewat Facebook kalau bisa ketemuan langsung? Dengan kata lain, mereka berdua lagi nggak mau ketemuan. Kenapa? Ya nggak tau. Yang tau jawabannya ya mereka sendiri.

Sebenarnya kamu nggak perlu iri sama mereka yang suka pamer kemesraan di Facebook. Karena menurut hasil pengamatan para analis menunjukkan bahwa Facebook sering dijadikan sebagai media untuk ajang berpura-pura alias pencitraan.

Berdasarkan hasil penelitian dari Aalto University, kebanyakan orang sering mengunggah foto hasil editan demi menjaga reputasi di jejaring sosial. Terbukti kan, emang banyak banget yang upload foto hasil editan. Apalagi saat ini sudah bertebaran aplikasi edit foro di Android.

Melihat hasil studi tersebut, nggak perlu lah kita iri dengan kehidupan orang di Facebook. Toh kamu belum melihatnya secara langsung, apakah dia bahagia beneran atau tidak. Intinya, ambil yang positif selama kamu memakai Facebook dan buang yang negatifnya.

Semua kembali lagi pada pribadi masing-masing. Mau percaya atau tidak?

(YG)

Comment di sini