Tips Aman dari Pembegalan Motor

by
January 29th, 2015 at 11:26 am

CiriCara.com – Belakangan ini marak terjadi kasus pembegalan sepeda motor di sejumlah kota. Para pengendara sepeda motor pun dihimbau untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada saat melintas di jalanan yang sepi, terutama saat malam hari.

begal motor

Begal – Ist

Aksi begal ini merupakan bagian dari perampasan sepeda motor. Dimana para pelaku mengancam pengendara dengan senjata tajam agar mau menyerahkan sepeda motornya. Tak jarang, kasus seperti ini mengakibatkan korban tewas dibegal pelaku.

Biasanya para pelaku begal ini mengincar pengendara yang memakai sepeda motor baru maupun lama namun masih punya harga jual yang tinggi, seperti motor sport. Jangan sampai Anda atau pun anggota keluarga Anda menjadi korbannya.

Untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips dari Kepolisian agar Anda tetap aman dari aksi begal sepeda motor:

1. Jangan berhenti di tempat sepi

Pengguna sepeda motor sebaiknya menghindari tempat-tempat sepi yang sering terjadi pembegalan. Jika akan berhenti sejenak untuk beristirahat, sebaiknya pilih tempat yang ramai warga agar lebih aman. Atau bisa juga ke pos polisi.

2. Bunyikan klakson

Jika merasa ada yang mencoba untuk memepet kendaraan Anda, jangan ragu untuk membunyikan klakson agar mereka menjauh. Tidak hanya itu, klakson ini juga tentunya akan menarik perhatian warga dan bisa membuat takut pelaku pembegalan.

3. Jangan sendirian

Usahakan untuk tidak berkendara seorang diri, apalagi jika berkendara di malam hari. Dengan berkendara berdua atau bahkan dengan mengajak pengendara motor lain, perjalanan Anda akan jauh lebih aman.

4. Pilih jalur yang aman

Tidak apa jalan memutar asalkan lebih aman. Pilih jalur yang ada penerangan jalannya dan tidak rawan pembegalan. Karena sebagian besar kasus pembegalan terjadi pada malam atau dini hari. Sebaiknya pilih jalur yang aman jika berkendara di waktu-waktu tersebut.

5. Jangan korbankan nyawa demi motor

Jika memang sudah terdesak dan sudah tidak bisa kabur, lebih baik relakan saja motor Anda. Utamakan keselamatan Anda dulu. Masalah sepeda motor itu bisa dilacak dengan meminta bantuan dari petugas kepolisian.

Itulah beberapa tips agar aman dari pelaku begal motor. Anda jangan ragu untuk melapor ke kantor polisi terdekat jika jadi korban pembegalan. Mungkin pelaku bisa ditangkap dengan cepat jika Anda segera melaporkannya.

Selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara. Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi peraturan dalam berlalu lintas di jalan raya. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini