Tips Pengendalian Diri

by
January 29th, 2015 at 11:56 am

CiriCara.com – Aku boros banget ni. Aku udah berusaha sebisa mungkin untuk nggak belanja tapi masih aja tetap belanja. Aku udah belajar, tapi pas ujian lupa semua, tapi akhirnya aku nyontek. Aku pengen itu, tapi nggak ada uang, akhirnya aku malah mencuri. Sebenarnya aku nggak mau bohongin kamu, takut kamu marah. Sebenernya aku nggak mau ngelakuin ini ngelakuin itu tapibaku nggak tau kenapa bisa aku ngelakuin itu

Pengendalian diri

Pengendalian diri – Ist

Beberapa hal di atas jika terjadi pada kamu berarti menandakan kamu nggak bisa menguasai diri. Kalian nggak bisa melakukan yang namanya pengendalian diri. Terus, gimana dong cara ngatasinnya? Padahal aku udah berusaha untuk nggak ngelakuin itu. Yang sering kita sebut dengan namanya khilaf. Terus gimana cara ngatasinnya?

Seorang anak sedang dimarahi oleh ayahnya karena untuk kesekian kalianya ia bolos sekolah dan malah main game online. Ia selalu berjanji ketika kedapatan oleh sanga ayah untuk tidak.mengulangi lagi perbuatannya itu. Akhirnya sang ayah memberi hukuman untuk tidak diberi uang saku padanya selama satu bulan namun digantikan dengan membawakan bekal kepada sang anak agar sang anak tidak lapar walaupun tidak membawa uang saku. Sang anak dengan pasrah menerima hukuman dari sang ayah.

Akhirnya sang anak harus menahan diri untuk tidak main game karena ia tidak mempunyai uang. Ia harus mengendalikan diri untuk tidak tergoda main game. Pada akhirnya sang anak bisa melepas kebiasaannya itu. Sang ayah sangat senang lalu membelikan dia sebuah playstation baru dengan perjanjian tertentu. Akhirnya sang anak bisa mengendalikan dirinya.

Pengendalian diri harus sangat diperlukan. Kenapa? Kebanyakan jika kita tidak bisa mengendalikan diri, maka hal-hal yang berlebihan akan terjadi dan itu biasanya akan berdampak kurang baik. Jika kita tidak bisa mengendalikan kebiasaan merokok, maka kemungkinan akan terkena berbagai penyakit, jika tidak bisa mengendalikan kebiasaan makan, maka kemungkinan kita akan terkena obesitas, jika kebiasaan menyontek maka kita akan menjadi bodoh dan malas. Karena itu pengendalian diri sangat diperlukan.

Hal ini bersifat sensitif untuk kehidupan kita sendiri. Milikilah hidup yang terkontrol dan teratur, maka semuanya akan berjalan seimbang. Selamat hidup bahagia. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini