4 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

by
January 30th, 2015 at 9:13 am

CiriCara.com – Kehamilan menjadi hal yang paling membahagiakan bagi para ibu. Apalagi jika kehamilan itu adalah yang pertama. Biasanya para ibu akan berusaha keras agar janin yang dikandungnya tetap sehat dan bisa lahir dengan selamat.

hamil

Ibu hamil – Ist

Salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan janin adalah asupan makanan. Berbeda saat sebelum hamil, mungkin Anda cenderung cuek dan memakan semua makanan yang punya cita rasa enak. Namun saat hamil, Anda sebaiknya lebih berhati-hati.

Pasalnya ada beberapa jenis makanan yang apabila dikonsumsi saat hamil bisa mengganggu kesehatan janin dan bahkan sampai menyebabkan keguguran. Tentu Anda tidak mau kan kesehatan janin terganggu?

Hindari makanan-makanan di bawah ini:

1. Makanan mentah

Anda pecinta kuliner mentah seperti sushi? Sebaiknya mulai sekarang dihindari. Pasalnya makanan mentah atau yang masih setengah matang itu rawan tercemar kuman penyakit, apalagi jika tidak dibersihkan dengan baik.

Hal tersebut bisa menyebabkan infeksi dan gangguan janin lainnya. Beberapa bakteri bahkan ada yang bisa menyebabkan keguguran sampai janin meninggal di dalam kandungan. Jadi sebaiknya konsumsi makanan yang sudah matang saja agar terbebas dari bakteri.

2. Makanan laut

Pecinta kuliner makanan laut atau seafood? Coba lah untuk lebih jeli lagi memilih olahan seafood. Hindari jenis makanan laut yang mengandung logam merkuri tinggi. Pasalnya, makanan tersebut bisa menghambat petumbuhan saraf janin.

Tapi kan seafood juga mengandung protein, zat besi, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk janin? Iya betul, tapi tidak semua jenis seafood demikian. Boleh mengonsumsi seafood, tapi jangan terlalu sering.

3. Kafein

Suka minum kopi? Hati-hati, jangan terlalu sering. Pasalnya kafein yang terkandung dalam kopi ini bisa mengganggu plasenta. Akibatnya, detak jantung serta sistem pernapasan janin akan terganggu. Kafein juga bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah dan bahkan bisa mengakibatkan keguguran sampai bayi meninggal saat lahir.

Hindari minuman/makanan yang mengandung kafein seperti kopi, soft drink, minuman berenergi, teh herbal/teh celup, es krim, dll.

4. Pemanis buatan

Saat hamil sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang ada pemanis buatannya. Meskipun efek samping terhadap kesehatan janin masih belum diketahui, terlalu banyak mengonsumsi pemanis buatan itu tidak sehat.

Ibu hamil rawan terkena penyakit diabetes dan tentunya hal ini tidak akan baik. Jika ingin yang manis-manis, sebaiknya konsumsi buah saja. Biasakan juga untuk minum air putih, jangan berlebihan mengonsumsi pemanis buatan.

Selain keempat makanan tersebut, Anda juga harus rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan segar. Tapi tentunya dengan melakukan olahraga ringan. Cara ini bisa membantu melancarkan proses melahirkan nanti.

(YG)

Comment di sini