Apa Itu Karotenoid?

by
January 30th, 2015 at 2:27 pm

CiriCara.com – Karotenoid merupakan golongan senyawa kimia jenis organic yang mempunyai nutrisi dan terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan golongan hewan. Karotenoid ini mempunyai struktur kimia golongan terpenoid dan biasanya penyebab warna pada sejenis buah-buahan seperti merah, kuning, orange dan hijau tua. Warna-warna ini tidak saja pada buah-buahan tetapi pada sayuran.

karotenoid

Ist

Peranan karotenoid ini sebagai agen pada antioksidan di dalam fotosintesis, terkadang dapat dibuah menjadi vitamin esensial. Karotenoid ini ditemukan 600 jenis warna ini ditemukan pada tumbuhan dan 25 jenis Karotenoid ada dalam makanan manusia yang telah diserah dan dibawa dalam aliran darah, sifat Karotenoid ini sulit larut dalam air tetapi bisa larut kedalam lipid. Pentransportasian Karotenoid dalam tubuh dilakukan oleh partikel kolesterol yang sangat kaya pada lipid.

Pada tumbuhan pigmen Karotenoid banyak ditemukan pada kelompok organism seperti alga atau ganggang, sejumlah bakteri (fotosintentik maupun tidak) dan beberapa fungi (non fotosintetik). Karotenoid ini dapat diproduksi oleh semua organisme tersebut dari lipid serta molekul-molekul sebagai penyusun metabolit organik dasar. Organism heterotrof sepenuhnya, seperti kelompok hewan yang memanfaatkan Karotenoid sebagai makanan yang dikonsumsinya.

Ada dua kelompok besar Karotenoid yaitu Xantofil (Karotenoid yang membawa atom oksigen) dan Karotena (Karotenoid yaitu zat hidrokarbon dan tidak memilik atom oksigen). Dan semua Karotenoid merupakan tetraterpenoid karena pembentukan dari delapan molekul isoprena sehingga memiliki 40 gram karbon.

Fungsi Karotenoid

  1. Karotenoid pada kesehatan mata mempunyai fungsi yang baik, terutama senyawa Karotenoid Dalam sayuran yang berwarna hijau seperti bayam yang mampu berkonsenterasi penuh dalam menjaga macula, dengan cara menyerap sinar-sinar yang merusak tersebut. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi sayuran yang kaya Karotenoid mempunyai risiko terkena AMD (age-related macular degeneration) lebih sedikit hingga 43% daripada dengan orang yang jarang mengkonsumsi makanan jenis ini. Pada sayuran bayam segar terdapat 30 gram banyak mengandung 1.688 mikrogram beta-karoten. Sayuran lain yang mengandung Karotenoid seperti kubis, kembang kol dan brokoli.
  2. Karotenoid pada tubuh dapat menangkal radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Karotenoid dianggap antioksidan yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam penyerapan senyawa yang merusak oleh stess dan tekanan kehidupan sehari-hari saat tubuh saat bertarung dalam melawan penyakit.
  3. Untuk menyegarkan kulit agar lebih menarik dan sehat, caranya cukup menjalani diet dan banyak makan buah dan sayur yang Karotenoid lebih banyak. Misalnya banyak buah atau sayur wortel dan tomat

Penulis: Mas Arif

Comment di sini