Apa Itu Nachos?

by
January 30th, 2015 at 4:08 pm

CiriCara.com – Pernah mendengar kata nachos? Atau Anda sudah pernah melihatnya? Lalu, apa sih nachos itu?

nachos

Nachos – Ist

Nachos atau nacho adalah makanan khas Meksiko yang berupa tortilla (keripik jagung) yang disiram dengan krim keju. Makanan yang biasanya disantap sebagai cemilan ini pertama kali diciptakan oleh Ignacio Anaya pada tahun 1943. Makanan ini ada asal-usulnya, lho!

Ketika Perang Dunia II, para istri tentara Amerika yang tinggal di Eagle Pass, Texas, sering berkelana melewati sungai Rio Grande dekat kota Meksiko. Dalam kunjungan itu, mereka berhenti di Victory Club, sebuah restoran terkenal, untuk bersantap sejenak. Di tengah kesibukan di restoran, sang manajer yaitu Ignacio Anaya mengalami kesulitan. Kemudian ia menuju ke dapur dan menemukan tortilla, keju, dan cabai jalapeno. Akhirnya terciptalah makanan tanpa kesengajaan. Nacho sendiri adalah nama panggilan Ignacio, kemudian makanan ini dinamakan nachos.

Bahan dasar nachos memang keripik jagung yang digoreng, kemudian disiram dengan krim keju dan ditaburi potongan cabai hijau besar Meksiko yang disebut jalapeno. Namun, kini variasi nachos telah berkembang. Masih berbahan dasar tortilla, nachos biasanya dapat disajikan dengan saus guacamole dan saus salsa.

Saus guacamole sendiri telah ada sejak zaman suku Aztec di Meksiko pada abad ke-16. Saus ini selain dapat dihidangkan bersama tortilla, juga biasa ditambahkan pada salad atau kudapan Meksiko lainnya, lho! Bahan dasar untuk membuat saus guacamole adalah buah apukat. Daging buah apukat dilumatkan, lalu dicampuri dengan air lemon segar, garam, merica, bawang, irisan tomat, dan tentunya cabai jalapeno.

Saat ini banyak perusahaan waralaba, bahkan kedai kecil yang membuat nachos dengan variasi rasa. Mereka menambahkan topping sayuran, buah atau beragam saus yang membedakannya dengan nachos tradisional. Anda dapat menemukan kudapan renyah ini hampir di seluruh Amerika bahkan beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mencoba kudapan Meksiko ini, tetapi ragu untuk membuat saus guacamole, Anda dapat menggantinya dengan fresh salsa. Bagaimana caranya? Ini dia.

1. Bahan yang harus disiapkan adalah nachos, 3 buah tomat merah, daun ketumbar, cabai merah atau hijau sesuai selera, air lemon, dan garam secukupnya.

2. Potonglah tomat kecil-kecil dan buang bijinya. Cabai diiris tipis. Kemudian, daun ketumbar diiris kecil-kecil.

3. Campurkan semua bahan dalam satu mangkuk, lalu aduk rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar rasa salsa menyatu.

4. Nachos siap disantap bersama fresh salsa! Anda ingin segera mencobanya?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini