Duh! Anak SD pun Sudah “Cinta-Cintaan”

by
January 30th, 2015 at 3:22 pm

CiriCara.com – Banyak yang bilang kalau jatuh cinta itu tidak memandang usia, mau tua ataupun muda. Terbukti, baru-baru ini telah beredar kumpulan foto seorang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) menyatakan cintanya pada siswa Sekolah Dasar (SD).

bocah sd dan smp

Bocah SD pacaran sama bocah SMP – Ist

Seperti yang diberitakan Merdeka.com, Senin (26/1/2014) lalu, foto kemesraan dua bocah itu ramai beredar di media sosial. Beragam komentar pun mulai bermunculan, baik itu di jejaring sosial Facebook maupun Twitter.

Dari foto yang beredar, terlihat seorang siswa SMP laki-laki memberikan hadiah kue dan juga boneka kepada seorang siswa SD perempuan. Hadiah tersebut diberikan sebagai kejutan ulang tahun si siswa SD yang ke-11. Saat itu juga si siswa SMP itu menyatakan cintanya.

Meskipun demikian, belum diketahui di mana dan kapan foto tersebut diambil. Identitas kedua bocah yang tengah dimabuk asmara itu juga belum diketahui.

Menanggapi foto mesra tersebut, tentu banyak yang mengaku prihatin. Apalagi adegan suap-suapan dan foto bareng sambil pelukan itu dilakukan di depan puluhan siswa SD lainnya. Kok bisa seperti ini ya?

Psikolog anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto menilai, perilaku anak SD dan SMP yang sudah berani cinta cintaan itu bisa disebabkan oleh media sosial dan dunia maya. Menurutnya, di media sosial informasi yang harusnya untuk orang dewasa bisa dibaca oleh siapa pun, termasuk anak-anak.

Atas dasar itu, Kak Seto pun berharap agar para orangtua lebih memperhatikan tumbuh kembang anak. Jangan hanya memberikan gadget mahal, tapi tidak mengawasi penggunaannya. Akibatnya anak bisa mengakses hal-hal yang tidak seharusnya dia akses.

Sementara itu, Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait juga ikut angkat bicara. Menurutnya, tayangan televisi juga berpengaruh besar pada perilaku anak. Belum lagi banyaknya acara televisi yang menayangkan kisah percintaan.

“Itu yang ditiru dari orang di sekitarnya, bisa orang dewasa, bisa juga terinspirasi tayangan di TV,” ujar Arist.

Kalau masih SD saja sudah pacaran, bagaimana nanti kalau sudah dewasa? Karenanya, yuk mari kita para orang dewasa dan terutama orangtua untuk mengarahkan dan mendidik putra putri kita lebih baik lagi. Dampingi mereka saat nonton TV maupun berinternet, agar mereka tahu mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh.

Tapi, salut juga ya sama si anak SMP itu. Masih kecil aja udah sanggup beli kue dan beli boneka buat hadiah kekasihnya. Terus dikasihnya di depan umum lagi. Padahal, orang yang udah dewasa aja belum tentu berani ngelakuin hal yang kayak gitu. Hmmss

Gimana menurut kamu?

(YG)

Comment di sini