Tips Buat yang Mau Nambah Anak

by
January 30th, 2015 at 11:17 am

CiriCara.com – Mungkin saat ini Anda tengah berpikir untuk menambah anak agar suasana rumah jadi semakin ramai. Apalagi ada petuah yang mengatakan bahwa “banyak anak, banyak rejeki.” Tapi apakah keputusan menambah anak ini sudah tepat?

menambah anak

Nambah anak – Ist

Keputusan tambah anak atau tidak itu jelas terserah pada pasangan itu sendiri. Meskipun sebenarnya pemerintah lebih menyarankan hanya dua anak dalam satu keluarga. Tapi ya kembali lagi ke pribadi masing-masing.

Namun agar Anda tidak salah langkah, sebaiknya pertimbangkan dulu keinginan untuk menambah anak. Terutama pertimbangan hal-hal sebagai berikut:

1. Faktor usia

Anda harus tahu apakah usia istri sekarang ini masih boleh dan masih aman untuk mengandung? Karena perlu diketahui bahwa faktor usia ini sangat berpengaruh pada kondisi fisik si ibu hamil tersebut. Jangan sampai kehamilan ini jadi masalah ke depannya.

2. Faktor kesehatan

Usia masih muda? Jangan tergesa-gesa dulu. Sekarang lihat riwayat kesehatan si istri saat mengandung anak sebelumnya. Apakah kondisinya baik? Untuk mengetahui kondisi kesehatan, jelas Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

3. Faktor ekonomi

Anda harus mempertimbangkan faktor ekonomi keluarga sebelum memutuskan untuk menambah momongan. Untuk biaya sekolah anak yang pertama saja masih ngeluh, masa mau nambah anak lagi? Jadi, jangan pernah sepelekan hal ini.

4. Jarak usia anak

Pikirkan apakah usia anak Anda yang pertama sudah pantas untuk diberikan adik atau justru sebaliknya? Mengambil jeda usia anak itu harus dipertimbangkan. Jangan sampai Anda malah dibuat repot sendiri karena memiliki anak yang jeda usianya berdekatan.

5. Harus ada kata “sepakat”

Keputusan menambah anak tidak bisa diambil secara sepihak, istri saja atau suami saja. Baik istri maupun suami harus sama-sama sepakat. Jangan sampai nantinya malah saling menyalahkan satu sama lain. Jadi diskusikan dulu dengan pasangan!

Rencana untuk menambah jumlah anak ini harus dipikirkan baik-baik. Jangan asal mengambil keputusan atas dasar “mau” saja. Butuh perhitungan dan pertimbangan yang tepat agar masa depan si anak juga terjamin.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini