Cara Membuat SIM C Tanpa Calo

by
February 2nd, 2015 at 3:41 pm

CiriCara.com – Berkendara di jalan raya menggunakan sepeda motor harus dilengkapi dengan surat-surat kendaraan. Baik itu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) maupun surat izin mengemudi (SIM). Dimana untuk pengendara motor adalah SIM C.

membuat sim motor

Ujian praktik SIM C – Ist

Para pengendara motor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat tersebut maka akan dikenai sanksi tilang. Karenanya buat kamu yang belum punya SIM, sebaiknya segeralah buat SIM agar bisa berkendara dengan nyaman dan aman tanpa harus takut jika ada razia.

Dalam pembuatan SIM ini akan diadakan sejumlah tes, sebelum akhirnya peserta dinyatakan lulus. Namun, tidak dipungkiri di Indonesia ini sering terjadi praktik calo dalam pembuatan SIM. Alhasil banyak pengendara dengan SIM “sulap” tanpa tes.

Buat kamu yang jujur dan mau buat SIM tanpa lewat calo, berikut tipsnya:

1. Ujian teori

Dalam ujian teori ini kamu akan diberi soal terkait dengan aturan rambu-rambu lalu lintas. Mulai dari tata cara berkendara, membaca papan rambu lalu lintas, dan etika berkendara. Sebelum tes, kamu bisa nyari kisi-kisi di internet.

Biar ngga bolak-balik, siapkan juga persyaratan administrasi berupa fotocopy KTP dan biaya administrasi sekitar Rp 150 ribu (tahun 2014, nggak tahu kalau sekarang). Jangan lupa juga bawa alat tulis.

2. Tes kesehatan

Sebelum berangkat buat SIM, kamu sebaiknya sarapan dulu supaya badan fit dan segar. Karena nanti setiap peserta pembuatan SIM akan menjalani tes kesehatan meliputi tes penglihatan, tekanan darah, dan lain sebagainya. Jadi buat SIM-nya pas lagi sehat aja.

3. Tahu cara berkendara yang benar

Sebelum membuat SIM, pastikan kamu sudah paham betul dan tahu tata cara berkendara yang benar. Mulai dari membaca rambu-rambu lalu lintas sampai cara berkendara yang baik. Nantinya bekal ini berguna untuk ujian teori maupun praktik nantinya.

4. Pilih motor yang sesuai

Dalam ujian praktik, kamu akan diberi tiga pilihan sepeda motor untuk melibas trek yang sudah disediakan pihak Samsat. Tiga jenis sepeda motor ini adalah motor bebek, matic, dan motor kopling atau sport. Pilih yang memang benar-benar sudah biasa kamu pakai setiap harinya agar menjalani ujian praktik ini dengan lancar dan berhasil.

5. Berangkat pagi dan siapkan mental

Cobalah untuk berangkat lebih pagi. Selain untuk menghindari antrian, hal ini juga karena ujian teori SIM C hanya dibuka sampai jam 12 siang. Jadi lebih baik berangkat pagi daripada nanti malah telat, kan jalanan sekarang sering macet.

Namanya juga baru pertama kali nyoba, biasanya ada rasa grogi atau gugup. Untuk itu persiapan mental itu sangat perlu agar tidak gagal saat ujian teori ataupun praktik.

Ujian teori dan praktik pembuatan SIM C ini bukan hanya untuk ujian semata. Tapi, dengan adanya ujian ini diharapkan para pengendara bisa tahu cara berkendara yang benar dan aman. Jadi, tolak calo pembuatan SIM dan ukur seberapa ngertinya kamu soal berkendara yang baik!

(YG)

Comment di sini