Tips Nego Gaji Untuk Pekerja Baru

by
February 2nd, 2015 at 10:50 am

CiriCara.com – Gaji selalu menjadi salah satu pembicaraan penting bagi para pekerja maupun pegawai. Mereka yang memiliki gaji besar, tentu akan merasa senang. Tapi bagi mereka yang bergaji kecil, tentu ingin agar gajinya cepat dinaikkan oleh perusahaan.

naik gaji

Naik gaji – Ist

Bernegosiasi dengan atasan soal jumlah gaji itu tidak mudah, terlebih bagi Anda pekerja baru yang belum punya banyak pengalaman. Tentunya Anda akan merasa aneh jika tiba-tiba minta naik gaji sedangkan Anda masih baru di dunia kerja.

Tapi jangan khawatir, buat Anda pegawai baru yang ingin naik gaji, berikut akan dijelaskan beberapa cara untuk nego gaji dengan atasan. Simak baik-baik ya!

1. Lakukan survei

Cobalah untuk bertanya ke pegawai yang jabatannya sama dengan Anda. Tanyakan berapa jumlah gaji yang mereka terima setiap bulannya, apakah sama dengan Anda atau berbeda. Jika berbeda, Anda bisa jadikan hal ini sebagai alasan untuk naik gaji. Jika sama, Anda bisa melihat gaji di perusahaan lain sebagai pembanding untuk atasan.

2. Jangan sebut nominal

Anda di sini masih baru dan belum berpengalaman, jadi jangan sekali-kali minta naik gaji dengan menyebut nominal tertentu. Lebih baik berikan range gaji yang Anda inginkan, misalnya “Saya minta naik gaji berkisar Rp 3-4 juta.” Ini artinya Anda memberikan kesempatan ke perusahaan untuk mempertimbangkan hal tersebut.

3. Lihat bobot pekerjaan

Negosiasikan gaji dengan atasan berdasarkan berat ringannya pekerjaan Anda. Coba beritahu atasan bahwa apa yang Anda kerjakan adalah tugas yang berat sehingga pantas mendapat gaji lebih. Jika atasan merespon dengan baik, pasti dia akan menaikkan gaji Anda walaupun cuma beberapa persen saja.

4. Kenaikkan harga

Anda bisa negosiasi gaji dengan alasan kenaikkan harga, misalnya harga bahan bakar minyak, makanan, atau hal lainnya. Katakan, jika gaji Anda tetap sama seperti bulan-bulan sebelumnya, maka Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup. Minimal, kalau tidak mendapat tambahan gaji Anda bisa dapat tambahan uang makan atau transport.

5. Tawaran perusahaan lain

Katakan bahwa Anda mendapat tawaran kerja dari perusahaan lain dengan gaji yang lebih besar. Jika perusahaan tidak bisa menaikkan gaji, minimal sama dengan tawaran perusahaan lain tersebut Anda akan pindah. Cara ini memang sedikit terdengar mengancam, namun ampuh.

Selain kelima tips di atas, Anda juga harus mempertimbangkan kinerja Anda sendiri. Apakah kinerja Anda memang pantas untuk mendapat imbalan yang lebih atau justru sebaliknya. Jadi jangan asal minta naik gaji saja!

(YG)

Comment di sini