Uniknya “Rujak Soto” Banyuwangi

by
February 2nd, 2015 at 1:21 pm

CiriCara.com – Banyuwangi adalah kota di bagian paling timur Pulau Jawa yang memiliki beragam budaya, tempat wisata, dan kuliner unik yang tak kalah dari kota lainnya.

rujak soto

Rujak Soto – Ist

Ada yang pernah mendengar tentang rujak soto? Rujak soto ialah salah satu makanan khas kota ini yang rasanya sangat enak! Makanan yang terbilang unik ini terbuat dari lontong, cingur, tahu-tempe, dan sayuran berupa kangkung, kacang panjang, dan kubis, kemudian dicampur dengan bumbu rujak. Bumbu rujak terbuat dari campuran kacang goreng, bawang merah, petis, pisang kluthuk, garam, dan air asam. Setelah itu, rujak ini disiram dengan kuah soto babat sapi. Kuah soto di sini sama seperti soto pada umumnya. Sebagai pelengkap, makanan ini biasanya dihidangkan dengan es temulawak. Tertarik untuk mencicipinya?

Selain wisata kuliner, Banyuwangi terkenal sebagai kota yang melestarikan budaya. Salah satunya yang dilestarikan ialah Bahasa Osing. Bahasa ini tercipta dari perpaduan beberapa bahasa daerah lain, yakni Bahasa Madura, Jawa Kulonan, dan Jawa Timuran. Misalnya nih, ‘Aku suka sama kamu’ dalam Bahasa Osing dikatakan ‘Isun demen ambi riko.’ Ucapan yang unik, ya?

Seperti kota-kota di Jawa, Banyuwangi juga memiliki motif batik yang khas, lho! Motif batik Banyuwangi salah satunya ialah motif gajah oling. Tapi, Anda jangan buru-buru membayangkan kalau motif menyerupai binatang gajah yang lucu. Motif ini lebih mirip gelombang lingkaran. Meski tak mirip gajah sungguhan, motif ini memiliki makna dan filosofi. Selain gajah oling, motif batik lain ialah kangkung setingkes dan kopi pecah.

Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata yang mengagumkan. Bagi yang suka mendaki, Gunung Ijen adalah pilihan yang wajib dikunjungi. Gunung yang masih aktif ini pun menarik wisatawan asing karena keindahannya, khusunya keindahan kawah Ijen.

Selain kawah Ijen, Pantai Plengkung adalah salah satu pantai menawan dan menarik wisatawan mancanegara untuk berselancar. Ombak di pantai ini adalah terbesar ketiga setelah Hawaii. Tempat wisata menakjubkan lainnya di Banyuwangi diantaranya Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau, Watu Dodol, dan PulauTabuhan. Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi Banyuwangi?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini