Cara Ajari Anak untuk Bersyukur

by
February 3rd, 2015 at 9:11 am

CiriCara.com – Kehidupan ini seperti roda, kadang di atas dan kadang di bawah. Kita tidak selamanya hidup enak dan tidak selamanya hidup susah. Agar tidak banyak mengeluh, sangat penting bagi kita untuk memiliki rasa syukur.

anak-anak

Anak bersyukur – Ist

Menurut sejumlah studi, orang yang bisa bersyukur dengan apa yang dimiliki di hidupnya akan jauh lebih bahagia dan sehat. Dengan bersyukur kita akan jauh dari pemikiran negatif dan stres akibat masalah hidup. Tanpa stres, kita akan jadi lebih sehat.

Tidak hanya orang dewasa atau pun orang tua, anak-anak pun harus mulai dilatih untuk bersyukur. Hal ini akan berguna untuk bekal mereka saat dewasa nanti. Mereka akan tumbuh jadi pribadi yang tidak tamak dan mau bersabar.

Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak agar mau bersyukur? Berikut beberapa caranya:

1. Jangan dimanja

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin membuat anak bahagia. Tapi, selalu menuruti semua kemauan anak itu bukan pilihan yang bijak. Ini hanya akan membuat anak jadi egois. Biarkan anak tahu bahwa tidak semua bisa hal didapat dengan mudah.

Memberikan anak hadiah itu boleh-boleh saja, tapi jangan terlalu sering. Anda bisa memberi dia hadiah jika dia juara kelas. Ini lebih bermanfaat agar anak mau berusaha untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

2. Nasehat yang baik

Luangkan lah waktu Anda bersama dengan anak. Misalnya saat menonton televisi dan melihat acara yang menayangkan anak sedang mengamen, Anda bisa memberi nasehat betapa beruntungnya anak Anda masih punya ibu dan ayah. Cara seperti ini lebih mudah diserap oleh anak agar mau bersyukur.

3. Jangan mudah iri

Ajari anak Anda agar tidak mudah iri terhadap temannya. Misalnya saat temannya dapat sepeda baru. Biasanya anak akan minta sepeda yang baru juga, padahal sudah punya. Cobalah minta anak Anda untuk melihat temannya yang belum punya sepeda. Dengan cara ini, anak Anda akan tahu bahwa dia jauh lebih beruntung dibanding temannya yang tidak punya sepeda itu.

4. Hidup sederhana

Bagaimana anak mau bersyukur jika Anda sendiri sebagai orang tua tidak mau mensyukuri apa yang dimiliki. Cobalah untuk mengajari anak hidup sederhana tanpa harus melihat kehidupan mewah orang lain.

5. Terima kasih dan tolong

Ajari anak untuk selalu mengucapkan “terima kasih” setelah mendapat pemberian dari orang lain. Dan ajari anak untuk selalu mengucapkan “tolong” jika meminta bantuan sekecil apa pun. Dua kata tersebut mengajarkan anak untuk menunjukkan rasa peduli dan menghargai antar sesama.

Selain itu, Anda juga bisa membekali anak dengan ilmu agama. Karena dalam agama ini semua umat manusia diminta untuk tetap bersyukur dengan apa yang dimiliki. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini