Apa Itu Kimchi?

by
February 4th, 2015 at 11:51 am

CiriCara.com – Apakah kamu pernah mendengar tentang kimchi? Eits, bukan kimcil lho, ya! Lalu, apa itu kimchi? Kimchi adalah sejenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas dan merupakan makanan tradisional Negeri Ginseng. Tahukah kamu di negara mana itu? Yap, Korea!

kimchi

Kimchi – Ist

Pada awalnya, orang Korea mengucapkan kimchi sebagai “chim-chae” yang berarti “sayuran yang direndam”. Literatur tertua yang memuat tentang asal-usul makanan ini adalah buku puisi Tiongkok berjudul Sikyeong. Pada waktu itu, sebelum dikenal sebagai “chimchae”, kimchi disebut “Ji”.

Kalian yang sering menonton film-film Korea pastinya tahu dong, kimchi itu seperti apa? Saat adegan keluarga makan bersama, pasti ada semangkuk masakan sawi putih basah yang dibumbui berwarna oranye kemerahan. Itulah kimchi! Bahkan, dalam sebuah adegan di drama Cinderella’s Step Sister, Moon Geun Young diceritakan sedang membuat sepanci kimchi. Sudah nonton?

Menurut Health Magazine, asinan sayur ini termasuk dalam lima makanan tersehat di dunia. Namun, kimchi berbumbu cabai merah yang kita kenal sekarang ini merupakan variasi terbaru kimchi. Dulu, makanan ini berwarna hijau sebelum cabai belum begitu dikenal di Korea. Setelah digarami, sayuran seperti kubis dimasukkan ke dalam guci gerabah, lalu dipendam dalam tanah sebagai persediaan makanan saat sayuran segar tidak tersedia pada musim dingin. Orang Korea sendiri baru mengenal cabai berkat jasa pedagang Portugis dari Jepang yang datang di Korea pada abad ke-16.

Meskipun pada umumnya kimchi berbahan sayur sawi putih dan lobak, beberapa orang dapat membuatnya dari beragam bahan sesuai selera. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah.

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis asinan yang paling umum. Selain itu, kimchi juga digunakan sebagai bumbu saat memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Kimchi merupakan makanan yang kaya gizi, lho! Makanan ini kaya vitamin, bahkan mampu mencegah kanker. Sehatnya makanan ini karena banyak faktor, khususnya penggunaan sawi atau kubis, bawang putih, dan lai-lain. Kimchi juga mengandung bakteri hasil fermentasi seperti pada yoghurt. Uniknya lagi, di Korea Selatan, tepatnya di Pusan National University, ada sebuah Institut Penelitian Kimchi. Menarik, ya?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini