Cara Menyimpan Saus, Kecap, dan Selai yang Tepat

by
February 4th, 2015 at 10:31 am

CiriCara.com – Saus, kecap, dan selai biasanya selalu tersedia di meja makan. Tujuannya tentu agar lebih praktis dan hemat waktu. Kita tidak perlu berjalan, hanya tinggal meraihnya lalu menambahkannya ke makanan favorit.

saus

Saus – Ist

Kebanyakan dari kita sering tidak memperhatikan cara menyimpan saus, kecap, dan selai. Kita hanya menutupnya dengan rapat dan dibiarkan tergeletak di dapur atau pun meja makan. Apakah cara menyimpan seperti ini sudah tepat?

Padahal jika kita tidak menyimpan saus, kecap, atau selai kemasan dengan baik, bisa jadi akan muncul bakteri di dalamnya. Untuk itu, baca baik-baik panduan untuk menyimpannya dan simpan di tempat yang tepat.

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

1. Saus

Untuk saus yang belum digunakan alias masih tertutup rapat dan tersegel, Anda bisa menyimpannya di lemari atau di meja makan. Tapi, jika saus ini sudah pernah dibuka, jangan lupa untuk menutupnya kembali rapat-rapat. Setelah ditutup rapat, simpan di dalam lemari es.

Kenapa harus di lemari es? Hal ini mencegah munculnya bakteri dalam saus. Umumnya, saus hanya bisa bertahan dan layak dikonsumsi sampai delapan minggu saja. Jika sudah melebihi delapan minggu, sebaiknya jangan dikonsumsi. Apalagi jika sudah muncul perubahan warna atau jamur di dalamnya.

2. Kecap

Berbeda dengan saus, kecap biasanya mengandung bahan pengawet yang bisa mencegah tumbuhnya jamur. Jadi, tidak masalah kecap ini mau disimpan di lemari biasa atau lemari es. Namun, pastikan setelah dipakai harus ditutup kembali.

Kalau disimpan di lemari biasa, kecap hanya mampu bertahan selama tiga bulan. Sementara jika disimpan di lemari es, kecap mampu bertahan hingga lebih dari tiga bulan. Tapi ingat! Lihat juga masa kadaluarsanya.

3. Selai

Anda disarankan untuk menyimpan selai di lemari es. Meskipun menyimpannya di lemari biasa pun tidak jadi masalah asal tertutup rapat. Selai ini bisa bertahan selama 3-6 bulan jika disimpan di lemari biasa. Untuk waktu yang lebih lama, Anda bisa menyimpannya di lemari es. Tapi, lihat masa kadaluarsanya! Jika ada perubahan warna atau tumbuh jamur, sebaiknya jangan dikonsumsi.

Selain cara menyimpan, kebersihan pisau atau sendok untuk mengambil selai juga harus diperhatikan. Jangan sampai bakteri yang ada di pisau atau sendok tersebut malah berpindah ke selai yang akan Anda simpan.

Ribet ya? Sebenarnya nggak terlalu jika Anda sudah terbiasa. Toh, semua ini untuk kesehatan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

(YG)

Comment di sini