Penyebab Tabungan Anda tidak Meningkat

by
February 4th, 2015 at 2:00 pm

CiriCara.com – Penghasilan atau gaji yang Anda miliki sama dengan pengusaha atau pekerja lainnya. Tapi entah kenapa jumlah saldo tabungan Anda tak kunjung meningkat dari bulan ke bulan? Sebenarnya apa yang salah dari finansial Anda?

susah nabung

Tidak bisa menabung – Ist

Bukan salah pihak bank jika saldo tabungan Anda tak kunjung bertambah. Ini salah Anda sendiri karena tidak bisa mengatur keuangan Anda dengan baik. Sehingga tidak ada uang yang bisa ditabung di bank.

Masih belum sadar juga apa kesalahan Anda dalam mengatur keuangan? Berikut saya jabarkan beberapa penyebab kenapa saldo tabungan Anda tak kunjung bertambah dari bulan ke bulan. Simak baik-baik ya!

1. Besar pasak daripada tiang

Coba Anda hitung-hitung kembali berapa jumlah pengeluaran Anda dalam satu bulan. Bandingkan dengan jumlah penghasilan Anda per bulan. Jika pengeluaran Anda ternyata lebih besar dari penghasilan, itu yang dimaksud “besar pasak daripada tiang.”

Mulai sekarang Anda harus bisa berhemat dibanding bulan-bulan sebelumnya. Bagaimana bisa nabung kalau jumlah pengeluaran lebih besar dari penghasilan? Yang ada Anda malah terlilit utang.

2. Sudah kebiasaan

Apakah saat memegang banyak uang atau baru gajian Anda selalu terbiasa belanja tanpa berpikir panjang? Jika iya, inilah yang menyebabkan Anda tidak bisa menabung. Kebiasaan banyak orang itu memang mudah menghamburkan uang saat mereka merasa punya banyak uang. Padahal jika dipikir-pikir, uang tersebut lebih baik disimpan buat kebutuhan mendatang.

Karenanya, mulai sekarang cobalah untuk merubah kebiasaan buruk Anda itu.

3. Banyak tagihan

Anda suka membeli barang-barang dengan cara kredit? Atau, Anda punya kartu kredit? Cobalah hitung berapa total tagihannya per bulan, jangan sampai jumlah tagihan ini melebihi jumlah penghasilan. Hal ini jelas akan berakibat buruk pada keuangan Anda.

Hentikan membeli barang secara kredit, kecuali mendesak. Jika tidak terlalu dibutuhkan lebih baik tidak usah dibeli. Lebih baik uang ditabung, baru setelah terkumpul Anda boleh membeli barang tersebut. Ingat cara kredit itu berbunga, jadi lebih baik ditabung sendiri dulu saja.

4. Tidak punya rencana

Berapa pun jumlah penghasilan Anda, semua tetap harus diperhitungkan dan direncanakan. Tidak punya rencana keuangan hanya akan membuat Anda tidak bisa mengontrol pengeluaran. Karenanya, cobalah untuk memperhitungkan semuanya dengan cermat dan sebaik mungkin.

Demikian lah beberapa penyebab tabungan Anda tidak meningkat. Mesti berusaha terus dan koreksi kekurangan kita untuk kebaikan di masa depan. Salam sukses!!

(YG)

Comment di sini