Ada 400 Museum di Indonesia

by
February 5th, 2015 at 10:48 am

CiriCara.com – Jangan sekali-sekali melupakan sejarah, begitu ucapan Bung Karno yang dikenal dengan Jasmerah. Ya, bangsa yang besar adalah yang tak melupakan sejarahnya. Atau kata pepatah, tidak lupa kacang pada kulitnya. Karena itu, kita harus tahu asal usul, agar tak lupa akan jejak dan latarbelakang.

museum gajah

Museum Gajah Indonesia – Ist

Lalu lewat apa agar kita tak lupa akan sejarah bangsa? Sejarah bisa kita lacak lewat buku. Di sekolah pun, ada pelajaran sejarah. Bahkan dulu ada yang namanya mata pelajaran Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB). Nah, mata pelajaran ini sangat saya sukai. Karena suka akan sejarah, saya pun akhirnya jadi suka baca. Sekarang, sudah banyak buku-buku yang dicetak dengan tema sejarah. Bahkan ada novel bertema sejarah.

Selain lewat buku lalu lewat apa lagi agar kita tahu sejarah? Kita bisa tahu sejarah, bisa lewat film. Ada beberapa film bertema sejarah, meski begitu kita harus kritis nontonnya. Ada film Soekarno yang menceritakan tentang sosok Bung Karno, Presiden RI yang pertama. Ada juga film Sang Kyai yang mengisahkan kehidupan KH Hasyim Ansyari, pendiri Nahdlatul Ulama. Ada juga film Sang Pencerah, yang menuturkan kisah KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah. Waktu kecil, saya masih ingat film Janur Kuning dan G 30 S PKI. Dulu sering diputar di TVRI. Sekarang tak lagi diputar.

Nah, selain via film, lewat apalagi kita bisa mempelajari sejarah? Lewat museum kita bisa kembali mengeja ulang sejarah bangsa. Bahkan lewat museum kita bisa melihat peninggalan-peninggalan sejarah secara fisik. Di luar negeri, museum jadi tujuan para turis. Bisa dikatakan museum adalah salah satu tujuan favorit para turis. Tak heran bila di luar negeri, kunjungan ke museum selalu ramai. Museum pun jadi sumber devisa.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Ternyata kunjungan ke museum belum jadi tradisi. Banyak museum yang sepi pengunjung. Mudah-mudahan, kedepan mengunjungi museum jadi tradisi, karena dengan kita berkunjung ke museum, kita sekaligus juga belajar, tak hanya kunjungan rekreatif.

Lalu sebenarnya berapa sih jumlah museum di Indonesia? Ternyata Indonesia punya banyak museum. Jumlahnya mencapai ratusan. Informasi ini saya dapat dari Koran Kompas edisi Rabu 21 Januari 2015 yang pernah saya baca. Dalam salah satu beritanya, Koran Kompas menuliskan Indonesia memiliki 400 museum. Banyak juga yah. Berita tentang museum itu ada di berita dengan judul 100 Museum Distandarisasi. Di berita itu, yang jadi narasumbernya adalah Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Pak Harry Widianto. Nah, di berita itu Pak Harry mengatakan, untuk tahun 2015 ada 100 museum yang akan distandarisasi. Jumlah total museum itu sendiri di Indonesia sebanyak 400 museum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Semoga, setelah distandarisasi kunjungan ke museum kian meningkat, bahkan jadi tradisi. Agar pesan Bung Karno bisa kita tunaikan : jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Mari kita sempatkan waktu berkunjung ke museum. Dengan begitu obor sejarah tetap menyala.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini