Apa Itu Sakura Mochi?

by
February 5th, 2015 at 11:46 am

CiriCara.com – Apakah kamu pecinta makanan khas Jepang? Jika iya, apakah kamu sudah tahu apa itu sakuramochi?

sakuramochi

Sakura Mochi – Ist

Sakuramochi adalah salah satu kue tradisional Jepang, terbuat dari beras ketan yang ditumbuk dan dibungkus dengan sehelai daun sakura. Mengapa bukan daun pisang? Kalau itu sih, kue tradisional Nusantara!

Kue ini tampak menawan karena berwarna semu merah muda. Kok bisa? Ternyata, kue yang terbuat dari beras ketan ini dikombinasikan dengan kacang merah yang manis yang dihaluskan di dalamnya. Lalu, daun sakura yang sudah difermentasikan dengan larutan garam digunakan untuk membungkus kue ini. Cita rasa daun sakura meresap ke dalam ketannya.

Kue yang bisa kamu anggap sebagai fingerfood-nya Jepang ini tidak bisa dipisahkan dari musim mekarnya bunga sakura. Biasanya, sakuramochi ini dimakan ketika Festival Hanami, yaitu sebuah perayaan datangnya musim semi dengan memberikan apresiasi kepada bunga, umumnya bunga sakura. Dalam banyak hal, Hanami merujuk pada acara perayaan yang dilakukan di bawah pohon sakura yang bunganya sudah mekar. Banyak keluarga yang merayakan dengan piknik. Tentunya, makan sakuramochi sambil menikmati indahnya bunga sakura.

Lalu, adakah kue tradisional Indonesia yang dihidangkan pada perayaan musim semi? Sayangnya, Indonesia merupakan negara tropis dan hanya memilik dua musim. Tapi jangan salah, kita punya banyak makanan tradisional yang tak kalah dari negara lain!

Di Jawa, ketika musim panen padi, para petani memiliki perayaan khusus. Ada istilah pertanian yang disebut ‘metik’ yaitu ketika padi mulai menguning dan siap dipanen. Saat itu, petani melakukan persembahan kepada bumi sebagai rasa syukur atas melimpahnya hasil pertanian. Petani mengundang beberapa tetangganya untuk berdoa bersama di lingkungan sawahnya. Saat itu, akan tersedia berbagai kue tradisional.

Kue tradisional Jawa yang dimaksud ialah nagasari dan koci-koci. Kamu sudah pernah mendengarnya? Nagasari adalah kue yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan kelapa, kemudian diisi buah pisang, lalu dibungkus dengan daun pisang. Kue ini enak dan kenyal ketika dimakan. Sedangkan koci-koci ialah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan parutan kelapa atau adonan kacang hijau dan dicampur gula, kemudian dibungkus pula dengan daun pisang. Sepintas, nagasari sama dengan koci-koci karena dua-duanya dibungkus daun pisang. Bedanya, nagasari ukurannya lebih panjang. Ingin mencoba kue ini?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini