Ciri-Ciri Anak Anda Termasuk Anak Cerdas

by
February 5th, 2015 at 2:46 pm

CiriCara.com – Semua anak tentu memiliki keistimewaan dan kelebihan masing-masing. Kita sebagai orang tua hanya bisa mengarahkan mereka ke arah yang lebih baik. Tentunya dengan harapan potensi yang ada pada si anak bisa tersalurkan dengan baik.

cerdas

Anak cerdas – Ist

Para orang tua jelas mengklaim anaknya adalah anak yang cerdas. Apalagi bagi anak yang proses perkembangannya lebih cepat dari anak seusianya. Misalnya, lebih cepat bisa berjalan atau lebih cepat bisa berbicara. Benarkah demikian ciri anak cerdas?

Daripada Anda terus menebak-nebak tidak jelas, yuk simak ciri-ciri anak (2-4 tahun) yang punya tingkat kecerdasan tinggi berikut ini:

1. Punya talenta khusus

Apakah si kecil terlihat mahir dalam suatu bidang, menggambar misalnya? Jika memang gambar si anak ini terlihat jelas dan lebih mudah dimengerti orang dewasa, ini bisa jadi ciri kalau dia termasuk anak yang cerdas. Talenta setiap anak itu berbeda-beda, jadi coba perhatikan talenta anak Anda.

2. Suka bertanya

Jangan bosan menjawab pertanyaan si kecil yang tidak ada habisnya. Ini bisa jadi ciri kalau dia punya tingkat kecerdasan yang tinggi. Seperti diketahui, otak anak yang cerdas ini akan terus bekerja untuk menggali informasi sehingga dia akan terus bertanya mengenai hal yang dia suka dan membuatnya penasaran.

3. Energik dan banyak gerak

Dia hiperaktif? Bukan. Energik di sini maksudnya adalah si anak terlihat bersemangat dan mandiri dalam melakukan berbagai hal. Dia senang mengamati suatu hal dan apabila dia menemukan kebingungan, pasti dia akan bertanya pada Anda.

4. Punya imajinasi

Jangan khawatir jika si anak terlihat asik bermain sendirian tapi seolah-olah dia tengah bermain dengan seseorang. Ini tanda kalau dia sedang menggunakan imajinasinya. Bagi orang dewasa mungkin hal ini aneh dan seperti orang gila. Tapi percayalah, anak yang punya imajinasi adalah anak yang cerdas

5. Ingatan yang tajam

Si anak mampu mengingat semua mata pelajaran yang ia pelajari di sekolah? Atau dia mampu menceritakan ulang cerita film yang beberapa minggu lalu ditontonnya? Ini tanda kalau dia punya ingatan yang tajam. Dan ingatan yang tajam menandakan kalau dia cerdas.

Meskipun anak Anda tidak punya ciri-ciri seperti di atas, Anda tidak perlu khawatir. Tingkat kecerdasan seorang anak ini bisa dilatih. Hanya saja memang butuh kesabaran dan ketelatenan orang tua untuk melatihnya. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini