Fakta Unik Latar Belakang 7 Presiden Indonesia

by
February 5th, 2015 at 8:27 am

CiriCara.com – Bercerita tentang para presiden yang pernah atau yang sedang memimpin negeri ini, banyak fakta yang cukup menarik. Fakta ini, sepertinya patut diketahui, sekedar menambah pengetahuan tentang siapa para pemimpin kita.

indonesia

Presiden Indonesia – Ist

Indonesia, adalah negeri Bhineka Tunggal Ika. Negeri ini memiliki banyak keragaman, baik dari sisi etnis, bahasa, budaya, tradisi hingga agama. Pun dari latar belakang pemimpinnya. Ternyata, para pemimpin kita, latar belakangnya tak tunggal alias banyak warna. Mulai dari presiden pertama hingga sekarang, latar belakang pemimpin kita tidaklah satu warna, meski ada beberapa berlatar belakang sama. Nah saya coba merangkumkannya sekedar berbagi pengetahuan. Tapi sekali lagi ini bukan catatan sejarah. Ini hanya sekedar informasi sederhana yang mungkin bisa bermanfaat menambah referensi.

Saya mulai saja dari Presiden RI yang pertama yakni Soekarno atau dikenal dengan sebutan Bung Karno. Bung Karno ini, adalah presiden pertama Indonesia, sekaligus proklamator. Beliaulah yang memproklamirkan negeri ini merdeka dari kungkungan penjajahan pada 17 Agustus 1945. Bersama dengan Bung Hatta, beliau menandatangani naskah proklamasi di tanggal dan tahun tersebut. Siapakah beliau? Seorang jenderalkah?

Bung Karno bukanlah seorang jenderal, tapi dia seorang insinyur. Ya Bung Karno adalah pemegang gelar Ir dibelakang namanya. Ia adalah lulusan Technische Hoge School  yang kelak bernama Institute Teknologi Bandung (ITB). Jadi bisa dikatakan, Bung Karno ini adalah alumni ITB, sebab sekolah tempat belajarnya dulu sekarang menjadi ITB. Bung Karno adalah insinyur teknik sipil.

Ternyata selain Bung Karno, kita juga pernah memiliki Presiden yang berlatar belakang pendidikan teknik. Siapakah dia? Dia adalah BJ Habibie atau nama lengkapnya Bacharuddin Jusuf Habibie . Ya Pak BJ Habibie, adalah orang teknik. Pak Habibie sempat mencicipi kuliah di ITB, selama 6 bulan. Kemudian ia ‘hijrah’ studi ke Jerman. Di Jerman, Pak Habibie kuliah di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule atau dikenal Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen. Ini adalah universitas teknik terkemuka di Jerman. Di universitas ini, Pak Habibie menamatkan S1 hingga S3-nya.

Nah, insinyur lainnya yang jadi Presiden, adalah Pak Joko Widodo atau yang dikenal dengan sebutan Pak Jokowi. Pak Jokowi, terpilih jadi Presiden, setelah pada pemilihan presiden 2014, berhasil keluar jadi pemenang. Dalam Pilpres Pak Jokowi berduet dengan Pak Jusuf Kalla. Rivalnya adalah pasangan Pak Prabowo Subianto dan Pak Hatta Rajasa.

Pak Jokowi ternyata adalah orang teknik. Ia bergelar insinyur. Namun bukan orang teknik sipil seperti Bung Karno atau insinyur mesin seperti Pak Habibie. Pak Jokowi adalah lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), sebuah universitas plat merah di Yogyakarta.

Presiden lainnya bukan insinyur, tapi berlatar belakang militer yaitu Soeharto atau yang biasa dipanggil Pak Harto dan Pak Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa disebut Pak SBY. Pak Harto adalah seorang jenderal bintang empat TNI Angkatan Darat. Pun, Pak SBY, dia juga adalah Jenderal bintang empat dari TNI Angkatan Darat.

Nah, kalau presiden kita yang satu ini latar belakangnya agak nyentrik. Siapa dia, dia adalah Abdurahman Wahid, atau nama plus gelar lengkapnya Kyai Haji Abdurahman Wahid. Kyai Abdurahman Wahid ini biasa dipanggil dengan sebutan Gus Dur. Ya itu panggilan tenar dari Presiden RI yang menggantikan Pak BJ Habibie. Kyai Gus Dur ini, sebelum jadi Presiden pernah jadi Ketua Umum PBNU, organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. Setelah itu Kyai Gus Dur, mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), partai yang punya basis massa kaum santri atau nahdliyin.

Presiden Indonesia lainnya yang punya latar belakang berbeda adalah Ibu Megawati Soekarnoputri. Ibu Mega ini adalah putri kandung Bung Karno. Ibu Mega jadi Presiden setelah Kyai Gus Dur di lengserkan oleh Sidang Istimewa MPR. Saat itu Ibu Megawati menjabat sebagai Wakil Presidennya Kyai Gus Dur. Karena Kyai Gus Dur lengser, maka Ibu Mega otomatis yang naik jadi Presiden. Lalu latar belakang Ibu Mega itu seperti apa?

Ibu Mega sebelum masuk politik, dia adalah ibu rumah tangga. Tak ada gelar akademis yang disandang Ibu Mega, meski beliau pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Tapi Ibu Mega tak sempat menamatkan kuliahnya. Sekarang, Ibu Mega jadi Ketua Umum PDIP.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini