Anak Juga dapat Tugas Rumah? Kenapa Tidak

by
February 6th, 2015 at 3:09 pm

CiriCara.com – Sebagai orang tua tentu Anda ingin agar anak-anak Anda bisa hidup mandiri. Tidak lagi bergantung pada Anda dan bisa merawat dirinya sendiri. Karena sudah tentu kita tidak bisa terus-terusan mengawasi mereka.

anak bersih bersih

Anak dapat tugas rumah – Ist

Lalu, adakah cara untuk mengajarkan anak agar lebih mandiri? Yups, ada. Untuk melatih anak agar mandiri, Anda bisa membagi tugas rumah untuk anak. Bukan tugas dari sekolah yang dikerjakan di rumah lho ya. Tapi tugas seperti membereskan rumah.

Selain bisa membuat anak jadi mandiri, pekerjaan Anda sebagai ibu rumah tangga pun akan sedikit terbantu. Cara ini juga baik untuk mempererat hubungan antara anak dan ibu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai dari sekarang.

1. Tugas yang ringan

Mulailah dari tugas yang ringan-ringan saja, misalnya mengelap meja, menyapu, atau merapikan tempat tidur. Pemilihan tugas rumah ini disesuaikan dengan usia si anak itu sendiri. Untuk anak sudah cukup besar, Anda bisa memintanya untuk cuci piring sendiri setelah makan.

2. Buat jadwal

Kenapa harus dibuat jadwal segala? Ya, hal ini agar si anak tidak lupa akan tugasnya. Anda juga bisa memasukkan anggota keluarga lain untuk bantu-bantu tugas beres-beres rumah. Misalnya, adik-bereskan tempat tidur. Sementara kakak-cuci piring. Cara ini berguna untuk melatih kedisiplinan anak.

3. Beri contoh

Jangan hanya menyuruh-nyuruh saja, Anda juga harus “terjun” langsung untuk memberikan contoh bersih-bersih yang benar pada anak. Ajari anak Anda cara yang benar hingga dia tahu dan paham betul dengan tugas rumahnya ini.

4. Jangan dimarahi

Jika anak melakukan kesalahan, misalnya tidak bersih saat menyapu atau kamar kurang rapi, Anda jangan marahi dia. Namanya juga masih belajar, jadi wajar saja jika dia salah. Daripada Anda marah-marah mendingan ajari mereka kembali cara yang benar seperti apa.

Ajari anak dengan kata-kata yang lembut, “Ini masih kurang rapi. Sini dulu dek. Ini kayak gini caranya biar rapi.” Jangan malah Anda memarahinya, “Ngerapiin tempat tidur aja nggak bisa. Dasar pinternya cuma main doang.” Jika dimarahi seperti ini, anak malah jadi malas.

5. Beri hadiah

Hadiah ini tidak harus berupa barang mahal. Anda bisa memasak makanan favorit si anak sebagai bentuk terima kasih karena telah membantu membereskan rumah. Sesekali memberi pujian atas kerja keras si anak juga tidak apa. Dengan demikian si anak bakal jadi tambah semangat saat melakukan tugas rumahnya.

Ajari anak untuk hidup mandiri sejak dini. Toh hal ini akan berguna untuk masa depannya. Jadi jangan ragu untuk membagi tugas rumah kepada anak ya.

(YG)

Comment di sini