Apa Itu Bulgogi?

by
February 6th, 2015 at 4:58 pm

CiriCara.com – Di Indonesia telah ada produk mie instan dengan citarasa Asia, salah satunya bulgogi. Sebagian besar masyarakat kita sudah tahu bulgogi itu dari Korea. Sebenarnya apa sih, bulgogi itu?

bulgogi

Bulgogi – Ist

Bulgogi adalah salah satu hidangan daging khas Korea yang populer, terbuat dari irisan tipis daging premium seperti sirloin atau rib eye. Daging ini kemudian direndam dalam campuran kuah berbumbu saus soya, minyak, lada hitam, bawang putih, daun bawang, jahe, dan gula. Selama dua hingga empat jam perendaman, citarasa bumbunya akan meresap. Cukup lama ya, prosesnya?

Daging ini kemudian dipanggang di atas panci, selanjutnya disajikan bersama potongan selada, bayam atau sayuran lainnya. Biasanya, sayuran ini disajikan untuk membungkus dagingnya. Namun, ada juga yang menambahkan potongan wortel saat penyajian.

Sayangnya, bulgogi ini jarang ditampilkan dalam drama Korea. Makanan yang lebih populer adalah mie ramyeon dan kimchi. Apakah kamu pernah menonton drama Korea yang menayangkan masakan bulgogi?

Tahukah kamu, kata ‘bulgogi’ sendiri berasal dari bahasa Korea, ‘bul’ yang berarti api dan ‘gogi’ yang berarti daging. Orang kemudian memaknainya ‘memasak daging di atas bara api’ atau lebih mudah disebut barbekyu.

Pada abad ke-20 barbekyu Korea ini sangat digemari di Jepang. Bahkan setelah Perang Dunia II, Jepang menciptakan masakan sendiri, yaitu Yakiniku. Kini, orang beranggapan bahwa Yakiniku adalah versi lain dari barbekyu Korea. Bagaimana menurutmu?

Nah, setelah tahu apa itu bulgogi, apakah kamu berkeinginan untuk memasaknya? Ini dia resepnya! Siapkan beberapa bahan berikut :

-          Sepotong daging sirloin atau rib eye

-          5 sdm gula

-          ½ cangkir saus soya

-          2 siung bawang putih yang dimemarkan

-          ¼ sdt garam

-          5 sdm Mirin (opsional)

-          2 sdm minyak

-          2 sdm lada (dibakar)

-          1 cangkir daun bawang

-          2 cangkir irisan wortel (opsional)

Cara memasaknya, campurkan semua bumbu dalam satu wadah. Rendamlah daging dengan bumbu dan simpan di lemari es selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, daging dimasak atau dipanggang. Jangan lupa, campurkan irisan wortel dengan tambahan waktu 3 menit. Bulgogi dapat dihidangkan dengan nasi. Selamat mencoba!

Penulis: Khaeriya

Comment di sini