Cara Memperlambat Penuaan Kulit

by
February 6th, 2015 at 10:59 am

CiriCara.com – Kamu tentu ingin tetap awet muda dan terlihat cantik seperti umur 20-an. Tapi, terkadang proses penuaan kulit itu datang lebih cepat. Hal ini karena berbagai faktor, mulai dari lingkungan yang menyebabkan kulit kotor hingga pola makan.

kulit

Penuaan kulit – Ist

Saat ini memang sudah banyak produk kecantikan yang mengklaim ampuh untuk mencegah penuaan kulit. Namun, tentunya produk kecantikan ini harus “ditebus” dengan harga yang cukup mahal. Tidak punya budget untuk membeli produk tersebut?

Tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara untuk memperlambat proses penuaan kulit secara alami. Kenapa hanya bisa memperlambat? Karena proses penuaan kulit ini juga dipengaruhi oleh usia. Memangnya kamu bisa jadi muda lagi?

Yuk simak caranya!

1. Makanan sehat

Konsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Utamakan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A, E, dan C yang berguna untuk antioksidan dan memperlambat penuaan kulit. Banyak mengonsumsi makanan berserat juga bermanfaat untuk sistem pencernaan sehingga tubuh akan jadi lebih sehat.

2. Hindari junk food

Kamu suka mengonsumsi junk food? Lebih baik stop sekarang. Junk food memang memiliki rasa yang enak saat dikonsumsi. Namun, hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Jika ingin memperlambat penuaan kulit, maka hindari junk food. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung lemak jenuh, garam, dan pengawet.

3. Minum banyak air

80 persen komponen tubuh manusia terdiri dari air. Untuk itu minum air yang cukup setiap harinya agar tidak terkena dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain untuk mencegah dehidrasi, air juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Jadi, jika kamu ingin menghambat penuaan kulit, minumlah air yang banyak. Minimal 8 gelas per hari (2 liter).

4. Hindari stres

Kehidupan manusia itu pasti tidak akan pernah lepas dari masalah. Setiap hari ada saja masalah yang membuat kita jadi stres. Namun, kamu harus bisa mengatasi stres tersebut dengan cepat. Karena stres ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit. Selain itu, stres juga jadi sumber dari berbagai penyakit.

5. Olahraga

Melakukan olahraga ringan seperti jogging bisa membantu kamu lepas dari stres. Kamu bisa melepas energi negatif saat tubuh berkeringat. Tidak hanya itu, olahraga akan membuat postur tubuh kamu jadi lebih baik dan tentunya akan membuat kulit jadi lebih segar karena mengeluarkan keringat. Setelah olahraga, selalu biasakan minum air putih.

Selain kelima cara di atas, kamu juga harus rajin membersihkan kulit wajah. Terutama setelah kamu beraktivitas di luar ruangan. Karena kotoran pada kulit ini juga bisa jadi penyebab terjadinya penuaan dini.

(YG)

Comment di sini