Tips dan Trik Tawar Menawar Harga

by
February 6th, 2015 at 1:33 pm

CiriCara.com – Dimana-mana kalau kamu mau beli sesuatu pasti hal yang paling sering ditanyain adalah harganya. “Bang harga cabe berapa? Harga kulkas berapa? Terus kalau harga HP berapa?”. Ya, walau pun terkadang cuma nanya-nanya doang.

tawar harga baju

Menawar harga baju – Ist

Ini serunya kalau kamu belanja di pasar atau di toko-toko, harganya masih bisa ditawar atau dinego. Yang tadinya harganya mahal, bisa jadi murah jika berhasil ditawar. Makanya kamu harus punya skill tawar menawar dulu sebelum belanja di pasar.

Skill tawar menawar ini sangat penting lho supaya pengeluaran kamu bisa jadi lebih irit. Kan lumayan bisa buat beli permen. Yuk simak tips dan trik tawar menawar harga berikut ini, yang bisa kamu praktekin:

1. Jadi sok tahu

Ini adalah trik jadul yang sering dipakai para ibu-ibu. Biasanya kalau udah nanya harga, mereka pasti bilangnya, “Kok mahal? Biasanya juga segini (sambil sebut harga ngasal)”. Alhasil, si abang penjual sayur mau nggak mau bakalan nurunin harga hingga akhirnya sampailah pada kata “ya sudah lah, boleh”. So, jadilah pembeli yang sok tahu walaupun sebenarnya nggak suka makan tahu.

2. Langsung tawar

Sudah muter-muter pasar terus sudah menentukan pilihan? Langsung tawar aja, nggak pake lama. Tanya harga dulu ya. Kamu bisa mulai menawar 50 persen dari harga yang disebutkan penjual. Tapi jangan kebangetan juga kalo nawar, nanti kamu malah diusir. Inget harga pasar lah, jangan Afgan (sadis) kalao nawar.

3. Tidak sesuai? Tinggal!

Udah nawar-nawar sampe tenggorokan kering, ternyata si penjual tetep tidak mau nurunin harga? Mendingan langsung tinggal pergi aja. Nanti juga biasanya si penjual bakal manggil kamu balik dan akhirnya “deal”. Tapi kalau si penjual nggak manggil-manggil juga, itu berarti bukan rejeki kamu.

4. Pakai perbandingan

Trik nawar yang satu ini ada sedikit bohongnya. Bilang aja ke si penjual bahwa toko di sebelah atau toko di mana kek terserah, nawarin kamu dengan harga yang lebih murah Rp … (sebutin harga penawaran kamu). Biasanya cara ini ampuh buat ngeluluhin si penjual. Kalau nggak mau nipu ya lakukan survei harga dulu.

5. Pakai akting

Keluarkan alasan supaya si penjual sepakat dengan harga yang kamu tawar. Misalnya, “ayo lah bang, kurangin dikit harganya. Buat ongkos pulang soalnya.” Pasang muka yang meyakinkan agar si penjual luluh. Butuh latihan dan harus jago akting nih.

6. Cocok? Bungkus!

Kalau si penjual sudah sepakat dan kamunya cocok, ya sudah langsung nikah aja! Eh, maksudnya langsung dibungkus aja barang yang mau kamu dibeli tadi. Jangan lupa bayar ya. Sebagai pembeli yang baik, ucapkan juga terima kasih.

Teknik tawar menawar harga ini memang gampang-gampang susah. Butuh latihan dan akting yang meyakinkan supaya si penjual luluh. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Peringatan! Cara-cara di atas tidak dianjurkan dilakukan di mall atau di supermarket yang setiap barangnya sudah ada label harganya. Mau kamu tawar sampai jungkir balik pun, tuh harga nggak bakal berubah.

(YG)

Comment di sini