Apa Itu Bibimbap?

by
February 9th, 2015 at 9:36 am

CiriCara.com – Pernahkah kamu mendengar tentang bibimbap? Kalau kimbap, orang sudah banyak tahu. Sushi ala Korea itu juga dijual di Indonesia. Lalu, apa itu bibimbap?

bibimbap dari korea

Bibimbap – Ist/Wikipedia

Bibimbap adalah hidangan nasi campur yang diberi topping beraneka sayuran. Topping ini ditata dengan unik ala Korea, yang disebut namul. Selain sayuran, daging pun ditambahkan. Nasi campur ini disajikan dalam sebuah mangkuk batu. Unik, kan?

Banyak variasi bibimbap, salah satunya ada bibimbap Dolsot dan Hwedopbap. Tetapi, dalam bentuk bibimbap yang paling sederhana, ada beraneka potongan sayuran, daging, dan pasta cabai pedas yang ditata di atas nasi yang disajikan dalam sebuah mangkuk batu, kemudian ditambahkan telur mentah di atasnya. Uniknya, mangkuk Dolsot sangat panas, sehingga orang yang mau menikmati makanan inipun tak boleh menyentuhnya. Nah, lho!

Lain lagi dengan Hwedopbap. Makanan ini lebih menggunakan ikan daripada daging. Sayuran yang segar, seperti mentimun, selada, ditambah pasta. makanan ini biasanya dinikmati ketika musim panas karena rasanya yang menyegarkan.

Bibimbap ini terlihat sangat menawan, ya? Ada banyak nutrisi dan rasa yang tercipta dari makanan organik ini. Meskipun makanan ini tinggi kalori, porsinya sangat pas dan pastinya membuat perut kita kenyang lebih lama.

Makanan yang sangat populer di Korea ini sama sekali tak menggunakan bahan penyedap buatan. Jarang sekali penikmat bibimbap menambahkan saus, selain pasta cabai pedas. Namun, beberapa orang menambahkan minyak agar terasa crunchy. Dan yang terpenting, makanan ini mengandung lima unsur makanan. Dengan menyantap semangkuk bibimbap, kita sudah mendapatkan karbohidrat dari nasinya, lalu protein dari daging dan telur, juga vitamin dan mineral yang berasal dari sayuran. Menyehatkan, bukan?

Orang Korea percaya bahwa bibimbap merupakan hidangan mewah di Abad Pertengahan. Sebab, makanan ini mirip dengan hidangan kerajaan di waktu itu. Orang Korea pun percaya jika bibimbap dapat menyembuhkan, memberi energi, dan menangkal penyakit selama musim dingin. Penelitian membuktikan bahwa bibimbap adalah makanan Korea yang kaya nutrisi dan merupakan pilihan tepat jika untuk menurunkan berat badan.

Nah, sekarang kita tahu bahwa bibimbap adalah makanan diet paling tepat! Eh, komposisi menu ini sepertinya hampir mirip dengan nasi pecel di Indonesia, ya?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini