Apa Itu Saponin?

by
February 9th, 2015 at 3:34 pm

CiriCara.com – Saponin atau “Sapo”atau sabun adalah sejenis senyawa yang digolongkan pada glikosida yang keberadaanya pada semua tumbuhan pada level tinggi. Saponin ini membentuk larutan koloidal dalam bentuk air dan akan membentuk busa yang mantap bila dikocok dan tidak akan hilang apabila ditambah dengan asam.

saponin

Saponin – Ist

Saponin mempunyai sifat yang pahit yang menusuk sehingga menyebabkan bersin-bersin dan terkadang mengakibatkan iritasi terhadap selaput lendir, dan Saponin ini dapat menghancurkan butir melalui daerah merah dengan reaksi hemolisisnya, sifat lain dari Saponin ini adalah bersifat racun bagi hewan berdarah dingin, dan bisa dijadikan untuk racun ikan. Saponin ini berpotensi sebagai racun atau sering disebut dengan sapotoksin.

Saponin bekerja sebagai anti-mikroba, dan jenis saponin yaitu glikosida triterpenoid dan glikosida struktur steroid dimana karakter saponin jenis ini mempunyai rantai spirotekal dan kedua jenis saponin ini sama-sama larut dalam air dan etanol akan tetapi tidak larut dalam eter.

Pada kehidupan sehari-hari ketika kita sering melihat peristiwa ada buih yang mengembang atau buih saja, itu disebabkan karena kita mengocokan suatu jenis tanaman ke dalam air. Secara spontan peristiwa fisika, buih itu timbul disebabkan adanya penurunan tegangan permukaan pada cairan (air). Dan penurunan tegangan dipermukaan disebabkan karena adanya peristiwa senyawa sabun (Sapo), yang dapat mengacaukan ikatan hydrogen pada air tersebut. Pada tumbuhan tertentu yang mengandung senyawa sabun biasa disebut dengan Saponin.

Saponin pada tanaman mempunyai konsentrasi yang tinggi pada bagian-bagian varietas tertentu serta pada tahapan pertumbuhan. Fungsi soponin pada tumbuhan tidak diketahui secara pasti namun zat ini sebagai tempat penyimpan karbohidrat atau weste product dan metabolsme tumbuh-tumbuhan yang dimungkinkan sebagai pelindung pada serangan serangga, secara singkat karakter-karakter saponin, pada umumnya adalah :

  • Mempunyai rasa yang pahit
  • Membentuk busa stabil dalam larutan air.
  • Menghemolisa eritrosit
  • Dapat membentuk persenyawaan kolesterol dengan hidroksiteroid
  • Sulit dimurnikan dan diidentifikasikan.
  • Berat molekulnya relatif tinggi
  • Toksisitasnya dapat merendahkan tegangan permukaan pada tanaman.

Demikianlah pengetahuan dan manfaat Saponin yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini