Apa Itu Skripsi?

by
February 9th, 2015 at 1:12 pm

CiriCara.com РSkripsi adalah suatu tugas yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa semester akhir dan telah menyelesaikan mata kuliah yang tanpa syarat. Skripsi merupakan bentuk karya ilmiah yang berisikan deskripsi dari hasil penelitian bagi sarjana strata satu (S1), pada skripsi terdapat pembahasan suatu permasalahan atau fenomena yang terjadi di sekelilingnya, dan penyusunannya menggunakan dengan kaidah-kaidah yang sudah baku serta  sistematika yang telah disusun oleh lembaga-lembaga seperti universitas atau akademi.

skripsi adalah

Skripsi – Ist

Karya ilmiah jenis skripsi ini hanya dikerjakan di universitas-universitas baik universitas swasta, negeri, sekolah tinggi, dan biasanya skripsi ini dilakukan oleh mahasiswa yang berjenjang lima tahunan, lain halnya yang ada pada akademi-akademi yang berjenjang tiga tahunan, yang biasa disebut dengan TA atau tugas akhir.

Mahasiswa yang mampu menulis skripsi atau tugas akhir pada diploma tiga, dianggap mampu memadukan pengetahuan hasil semasa studinya, juga keterampilan dalam memahami, menganalisis, menggambarkankan masalah-masalah serta menjelaskan masalah-masalah yang berhubungan dengan keilmuan yang diambilnya pada universitas tersebut.

Istilah skripsi sebagai tugas akhir ini hanya ada di Indonesia, sedangkan di Australia sendiri thesis namanya. Adapun untuk yang berjejang S2 di Indonesia tugas akhir ini disebut dengan istilah Tesis dan untuk S3 istilah tugas akhirnya dinamanakan Disertasi. Sedangkan di Australia istilah tugas akhir S2 dinamakan Postgraduate, sedangkan untuk S3 nya dinamakan PhD dengan riset.

Dan dalam penulisan skripsi biasanya mahasiswa terdapat pembimbingan tujuan pembimbingan adalah mengarahkan si mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Ada dua istilah dalam pembimbingan, yaitu Pembimbing satu dan Pembimbing dua, dan pembimbing-pembimbing tersebut merupakan pengajar atau dosen pada universitas tersebut. Dan biasanya Pembimbing satu mempunyai peranan yang lebih dominan dibandingkan dengan Pembimbing dua.

Bila pembimbingan telah selesai, maka hasil skripsi tersebut diuji dihadapan para penguji, dan biasanya para penguji-penguji tersebut adalah pembimbing-pembimbing yang dulunya membimbing skripsinya mahasiswa. Adapun pengujinya ada tiga penguji, penguji tiga biasanya bukan dari pembimbing yang sebelumnya bukan dari pembimbingan.

Proses penulisan skripsi ini ditentukan oleh setiap perguruan tinggi, dan setiap perguruan tinggi biasanya panduan penulisan skripsi berbeda-beda, dan proses penyusunan skripsi ini biasanya terdiri dari :

  • Pengajuan judul skripsi
  • Penulisan proposal skripsi
  • Pelaksanaan penelitian
  • Pengumpulan data
  • Analisis data
  • Penyusunan laporan skripsi

(Model penyusunan skripsi di Universitas Pancasakti Tegal, FKIP)

Skripsi merupakan sebuah laporan tertulis yang berasal dari hasil proses penelitian pada salah satu atau sebagian aspek kehidupan sehari-hari pada masyarakat atau organisasi. Dan hasil penelitian ini kemudian dikaji yang merujuk pada suatu fenomena, teori-teori ini merupakan hasil penelitian yang relevan dan pernah dilaksanakan pada penelitian sebelumnya.

Penulis: Mas Arif

Comment di sini