Mengenal Pengertian Banjir

by
February 9th, 2015 at 2:08 pm

CiriCara.com – Banjir merupakan peristiwa dimana ketika aliran air yang berlebihan merendam sebuah daratan, biasanya diakibatkan oleh adanya hujan yang terus-menerus, empat atau seminggu hujan dapat membuat daratan rata dengan air alias banjir, penyebab banjir biasanya sungai-sungai yang jarang dikeruk atau gunung-gunung yang hutannya gundul sehingga air hujan tidak bisa ditampung oleh akar daripada pohon-pohon tersebut.

Banjir Jakarta 2014 / Ist.

Banjir Jakarta 2014 / Ist.

Menurut pengertian Uni Eropa banjir merupakan perendaman sementara oleh siklus air pada daratan yang biasanya tidak terendam air (dalam arti air yang mengalir). Perendaman air ini juga disebabkan oleh adanya masuknya air pasang dari laut. Sehingga banjir yang diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti danau ataupun sungai akan meluap dan menjebolkan bendungan sehingga air keluar dari batas normalnya.

Banjir yang terjadi di sungai disebabkan oleh adanya aliran air yeng melebihi kapasitas air terutama di kelokan sungai. Adanya banjir dewasa ini mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan-pertokoan yang dibangun atau didirikan di dataran atau bantaran sungai alami. Meskipun kerusakan akibat luapan air bah dapat dihindari dengan cara menjauhi dari sungai dan tepi sungai yang lain. Tetapi kadang di kota-kota besar, dimana orang-orang sering memanfaatkan bahkan menetap di bantaran sungai dengan asumsi untuk mencari nafkah, serta biaya murah dimana air sungai dijadikan jalan untuk perdagangan atau hal lain. Sehingga karena kemurahan biaya tersebut maka orang-orang akan menetap di wilayah rawan banjir, walaupun kadangkala banjir akan melandanya. Aneh kan?

Untuk itu bahwa banjir adalah mitos atau kisah mitologi banjir yang dikirimkan oleh Tuhan untuk menghancurkan suatu peradaban sebagai pembalasan yang agung dan sering muncul dalam mitologi berbagai kebudayaan yang luar biasa di dunia. Jadi kesimpulannya bahwa banjir bisa dikatakan bencana atau azab? Coba kita lihat di Jakarta sepertinya tiap tahun tidak pernah tidak banjir, walaupun sungai-sungai dikeruk sana-sini tetapi bila hujan di awal tahun tiba banjir akan melanda kota tersebut. Apakah mungkin kota tersebut lebih rendah dari permukaan laut, sehingga mudah terkena banjir? ataukah ada hal lain, seperti misalnya banyak gedung-gedung pencakar langit, membuang sampah sembarangan ?

Demikianlah tentang banjir, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini