Tips Mengamankan Barang Saat Banjir

by
February 9th, 2015 at 3:18 pm

CiriCara.com – Banjir kembali melanda Jakarta pada Senin (9/2/2014) pagi ini. Hujan deras yang terus mengguyur kurang lebih selama 12 jam membuat sejumlah ruas jalan terendam banjir. Bahkan sejumlah rumah milik warga pun ikut terkena dampak banjir.

banjir

Evakuasi korban banjir – Ist

Jakarta dilanda banjir memang bukan hal yang baru. Namun, kebanyakan warga Jakarta masih kurang waspada terhadap ancaman banjir ini. Belum lagi cuaca yang kadang sulit untuk ditebak, membuat banyak orang tidak menduga akan banjir.

Bencana banjir ini sering menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diare, karena kurangnya air bersih. Selain ancaman penyakit, banjir juga mengakibatkan kerugian material para korban yang rumahnya ikut terendam banjir.

Untuk mencegah hal serupa terjadi pada Anda, berikut ada beberapa tips untuk mengamankan barang dari banjir:

1. Tempat penyimpanan

Anda tentu sudah pengalaman dengan banjir tahun lalu. Berapa tinggi air yang biasa masuk ke rumah Anda. Jika sudah tahu, maka Anda bisa membuat tempat penyimpanan barang yang berada di atas yang kiranya aman dari banjir. Dengan begitu ketika banjir datang, Anda bisa langsung mengungsi tanpa harus bingung menyelamatkan barang.

2. Jadikan kebiasaan

Ketika masuk musim hujan, Anda harus selalu menyimpan barang di tempat yang tinggi yang telah dibuat. Walaupun terlihat tidak akan hujan, tetap Anda harus menyimpannya di atas. Jangan sampai ketika Anda beraktivitas di luar rumah lalu tiba-tiba hujan turun, pasti Anda tidak akan tenang. Jadi cobalah untuk membiasakan hal ringan ini dan jangan sampai lupa.

3. Cabut semua kabel

Cabut semua kabel alat elektronik yang ada di rumah Anda. Pastikan juga tidak ada kabel yang terkelupas karena bisa berbahaya. Air banjir ini bisa mengalirkan listrik yang tentunya bisa menyetrum Anda jika masuk ke air banjir tersebut. Jadi, jangan lupa untuk cabut semua kabel alat elektronik.

4. Asuransikan

Jadi langganan banjir setiap tahunnya? Tidak ada salahnya jika Anda mengasuransikan barang-barang berharga yang Anda miliki. Setidaknya jika Anda lupa tidak menaikkannya ke tempat yang lebih tinggi, pihak asuransi siap memberi ganti rugi ke Anda.

5. Bungkus plastik

Khusus untuk dokumen-dokumen penting, Anda bisa membungkusnya dengan kantong plastik. Pastikan tidak ada yang bolong atau berlubang. Setidaknya jika memang terkena banjir, dokumen-dokumen penting yang ada di dalamnya akan tetap aman.

Itulah beberapa cara mengamankan barang dari banjir. Selalu waspada terhadap ancaman banjir, apalagi di musim hujan seperti ini.

(YG)

Comment di sini