Tips Sehat Bagi Pekerja Shift

by
February 9th, 2015 at 10:12 am

CiriCara.com – Dalam dunia kerja kita mengenal dua sistem jam kerja, pertama jam kerja normal (masuk pagi pulang sore/malam) dan yang kedua kerja shift (tidak tentu). Mungkin di antara kamu sudah ada yang merasakan kedua sistem jam kerja tersebut.

kerja shift

Kerja Shift – Ist

Dibanding jam kerja normal, bekerja dengan sistem shift sebenarnya jauh lebih merepotkan. Apalagi jadwal kerja shift ini sering berubah-ubah setiap minggu atau bulannya. Ada yang minggu lalu masuk pagi, minggu ini masuk siang, dan minggu depan masuk malam.

Jadwal kerja shift ini ditentukan oleh kebijakan perusahaan masing-masing, ada yang 3 shift dan ada juga yang 2 shift. Jam kerja yang tidak menentu ini jelas akan mengganggu kondisi kesehatan tubuh kamu, terutama bagi yang belum terbiasa kerja shift.

Untuk itu, berikut ada beberapa tips sehat untuk para pekerja shift:

1. Makan sehat

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh itu bisa diperoleh dari asupan makanan. Untuk itu, kamu harus makan yang cukup dengan menu makan yang sehat tentunya. Tidak peduli kamu masuk pagi, siang, atau malam, asupan makanan itu penting untuk kesehatan.

2. Istirahat yang cukup

Bekerja shift sering membuat seseorang jadi tidak punya waktu istirahat yang cukup, terutama soal jam tidur. Yang biasanya malam untuk tidur, malah diwajibkan untuk bekerja. Kamu bisa memanfaatkan waktu libur untuk beristirahat jangan untuk jalan-jalan yang tidak jelas. Kan, menghibur diri di rumah juga bisa.

3. Hindari doping

Kebanyakan pekerja shift, terutama yang kerja malam biasanya akan mengonsumsi rokok, suplemen, atau makanan yang mengandung kafein supaya tidak ngantuk dan tubuh tetap segar. Tapi usahakan jangan terlalu sering karena hal itu tidak baik untuk kesehatan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan yang alami saja.

4. Hindari stres

Dengan berubahnya pola hidup, maka semakin besar tekanan yang akan memicu stres. Kamu harus bisa mengatasi stres dengan cara menjalin komunikasi dengan rekan kerja secara baik. Ini bisa menjadi hiburan di saat kamu tidak sempat berbincang dengan keluarga karena kerja shift.

5. Tetap berolahraga

Kamu bisa memanfaatkan waktu libur untuk berolahraga, seperti jogging. Udara yang masih bersih di pagi hari akan membuat pikiran kamu jadi lebih segar. Supaya tidak membosankan, kamu bisa mengajak pacar atau pasangan untuk olahraga bersama.

Lakukan cara-cara di atas jika kamu ingin tetap sehat meski sistem kerja shift. Semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua.

(YG)

Comment di sini