10 Fakta Unik Kopi

by
February 11th, 2015 at 3:03 pm

CiriCara.com – Apakah kamu pecandu kopi? Jika iya, kopi apa yang kamu sukai? Ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta unik kopi berikut ini!

Biji kopi hitam - Ist

Biji kopi hitam – Ist

  1. Minuman berkafein ini ada sejarahnya, lho! Sekitar abad ke-9 Masehi, seorang penggembala kambing di daerah Abessynia (sekarang Ethiopia). Sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Si penggembala memeriksa apa penyebabnya. Setelah ia menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi, sejak itulah manusia mulai ikutan minum kopi!
  2. Banyak orang yang mengira bahwa makin pahit kopi, makin tinggi kandungan kafeinnya. Ternyata, anggapan itu salah karena kafein bukanlah komponen yang pahit.
  3. Di kedai Starbucks Amerika Serikat, kopi yang dipajang di etalase paling depan ialah kopi Toraja. Wow!
  4. Kopi luwak dianggap paling enak dan unik pula. Mitosnya, kopi asli dari Indonesia ini diperoleh dengan cara unik, yakni biji kopinya yang diambil dari kotoran luwak. Faktanya, biji kopi ini dihasilkan dari tanaman kopi biasa, hanya saja buah kopi yang sudah matang di pohonnya itu dimakan luwak. Seperti kelelawar yang mempunyai insting untuk memilih buah yang matang, luwak ini dapat memilih kopi yang baik.
  5. Indonesia kini memiliki Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) yang berupaya meningkatkan produksi kopi luwak dengan menangkarkan hewan luwak yang ada di Andungsari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
  6. Pernah menjadi negara pengekspor kopi terbesar dan terbaik di dunia. Hal itu terjadi sebelum tahun 1880-an, dimana di tahun tersebut terjadi wabah hama karat daun yang memusnahkan kopi arabika yang ditanam di bawah ketinggian 1 kilometer di atas permukaan laut, mulai dari Sri Lanka hingga Timor. Kemudian, negara tropis seperti Brasil dan Kolombia akhirnya mengambil alih peran sebagai eksportir kopi arabika terbesar hingga kini.
  7. Untuk mengurangi kadar kafein, dilakukan proses dekafein menggunakan bahan kimia, methylene chloride. Meskipun istilahnya dekafein atau bebas kafein, kopi tetap mengandung kafein. Jika kita meminum 10 cangkir kopi dekafein, sama dengan meminum dua cangkir kopi berkafein.
  8. Meminum kopi akan membuat kita lebih kuat begadang. Sebab, kafein yang terkandung dalam kopi akan menstimulasi tubuh agar lebih kuat begadang.
  9. Kopi yang bagus dan bercitarasa nikmat tergantung dari pembakaran dan peracikannya yang pas. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak yang keluar, makin kuatlah rasa kopinya. Pembakaran yang lama juga menghasilkan kafein yang makin banyak.
  10. Kopi mengandung antioksidan. Jika kamu tak suka kopi, kamu bisa menggantinya dengan teh hitam.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini