Apa Itu Cuaca dan Iklim?

by
February 11th, 2015 at 8:33 am

CiriCara.com – Cuaca dan iklim merupakan istilah yang berbeda, dan istilah tersebut sangat berkaitan erat dengan keadaan udara yang terletak pada lapisan atmosfir. Cuaca sendiri adalah kondisi dimana udara pada suatu saat dan di tempat tertentu. Kondisi tersebut biasanya akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Sedangkan iklim merupakan rata-rata kondisi cuaca tahunan yang meliputi wilayah yang luas dan untuk mengetahui tipe suatu iklim pada suatu wilayah maka diperlukan data cuaca antara 10 sampai 30 tahun (cukup lama bukan)

cuaca indonesia

Cuaca dan iklim di Indonesia – Ist

Ternyata cuaca dan iklim dipengaruhi oleh beberapa unsur-unsur, diantaranya adalah:

  • Suhu udara. Adanya perubahan suhu udara di suatu tempat dengan tempat lainnya tergantung dari ketinggian tempat, letak astronomisnya. Perubahan suhu ini dimungkinkan karena perbedaan yang jauh lebih cepat daripada perubahan suhu, dikarenakan perbedaan letak lintangnya. Dan biasanya perubahan suhu ini terjadi berkiasar antara 0.6 derajat celcius pada tiap kenaikan 100.
  • Tekanan udara.  Tekanan udara merupakan berat massa udara pada suatu wilayah tertentu. Tekanan udara ini menunjukkan sumber tenaga untuk menggerakan massa udara dalam satuan luas tertentu, bila tekanan udara semakin rendah maka semakin tinggi dari permukaan laut.
  • Angin merupakan massa udara yang pergerakannya dari suatu tempat ke tempat lain. Tiupan angin ini terjadi apabila di suatu daerah terdapat perbedaan tekanan udara yang mencolok, yaitu tekanan udara yang maksimum dan minimum.
  • Kelembaban udara. Merupakan kandungan uap air yang terdapat dalam udara. Uap yang ada dalam udara ini berasal dari hasil penguapan air di permukaan bumi, air dalam tanah atau air yang berasal dari proses penguapan tumbuh-tumbuhan.
  • Awan. Merupakan kumpulan titik-titik air di udara sebagai proses kondensasi atau sublimasi dari uap air yang terdapat dalam udara. Dan awan yang menempel pada permukaan bumi dinamakan kabut.
  • Curah hujan. Merupakan peristiwa jatuhnya air dalam bentuk cairan maupun padat yang dicurahkan melalui atmosfer ke permukaan bumi. Apabila curah hujan tidak biasa atau terus-menerus maka biasanya terjadi banjir jika tidak ada penampung di bumi, seperti yang terjadi sekarang ini bahwa intensitas curah hujan tidak biasa, di Jakarta misalnya maka terjadi banjir, disamping memang dataranya memang rendah, lebih parah lagi apabila daratannya lebih rendah dari permukaan laut.

Demikianlah tentang keterangan mengenai cuaca dan iklim, semoga menambah wawasan.

Penulis: MasArif

Comment di sini