Apa Itu Ginkgo?

by
February 11th, 2015 at 4:24 pm

CiriCara.com – Gingko merupakan sejenis pohon yang paling tua di dunia dan masih hidup, daunya merupakan salah satu daun yang banyak dipelajari oleh penelitian klinis pada saat sekarang ini. Pada dunia kesehatan Ginkgo ini digunakan sebagai obat herbal terutama di negara Eropa dan Amerika dan merupakan tempat penjualan terbesar. Banyak obat-obatan yang menggunakan bahan dasarnya dari pohon Ginkgo dan digunakan untuk meningkatkan kerja memori otak serta digunakan untuk mengobati gangguan pada peredaran darah.

pohon ginkgo

Ist

Khasiat obat yang menggunakan bahan dasar pohon Ginkgo ini, para peneliti sangat membenarkan dan terbukti bahwa Ginkgo sangat mujarab sebagai obat penyembuh dan efektif untuk mengobati penurunan aliran darah ke otak, terutama pada orang-orang yang sudah tua.ada dua jenis bahan kimia dalam daun Gingko yaitu Flavonoid dan Terpenoid, sifat daun ini dianggap memiliki sifat antioksidan yang lebih kuat sehingga dapat membantu bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit Alzheimer

Tanaman Ginkgo yang masih dalam bentuk pohon akan menghasilkan buah yang tidak dapat dimakan, biji yang dihasilkan dari pohon ini sangat beracun bagi manusia. Sebagian penelitian mengatakan bahwa pada daun Ginkgo telah dilakukan penelitian dan dipelajari dengan hasil yang menakjubkan bahwa daun dari pohon tersebut ternyata mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit selain Alzheimer yaitu Demensia.

Selain dianggap dapat menyembuhkan kedua penyakit tersebut bahwa Gingko dapat meningkatkan fungsi kognitif, seperti berfikir, belajar, dan memori otaknya dapat meningkatkan aktivitas hidup sehari-hari dalam perilaku sosial, dapat juga mengurangi perasaan depresi. Penelitian selanjutnya memberikan jawaban bahwa bahan kimia yang terdapat pada daun yang berupa Flavonoid berfungsi untuk membantu orang yang bermasalah pada retina matanya, orang yang mempunyai masalah dengan peredaran darah pada kaki, gangguan memori serta tinnitus, disamping asma, disorientasi, sakit kepala, tekanan darah tinggi, vertigo dan disfungsi ereksi.  Sedangkan manfaat pohon Ginkgo yang lain seperti mengurangi efek samping dari menopause, osteoporosis dan penyakit kardiovaskuler.

Untuk saat ini di negara kita bahwa obat herbal yang bahanya terbuat dari pohon Ginkgo belumlah beredar, tetapi keberadaannya masih di pasaran negara Amerika dan Eropa, di negara tersebut obat atau suplemen herbal tersebut sudah umum diperjualbelikan, apalagi menurut warga di sana bahwa penggunaan obat atau suplemen herbal ini dikonsumsi lebih banyak sebagai anti penuaan dini dan digunakan oleh para remaja dikonsumsi sebagai obat untuk penawar konsentrasi dalam belajar, umumnya mereka mengklaim bahwa dengan Gingko dapat mengurangi kelelahan mental dimana dalam kehidupan sehari-hari yang cenderung meningkat.

Demikianlah manfaat pohon Gingko terutama daunnya terhadap kesehatan. Semoga nyaman dibaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini