Apa Itu Polifenol?

by
February 11th, 2015 at 9:19 am

CiriCara.com – Polifenol. Adalah antioksidan kuat, dan merupakan golongan zat kimia yang ditemukan pada jenis buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan, zat ini mempunyai tanda khas yaitu memiliki gugus fenol dalam molekulnya. Polifenol mempunyai peran yang sangat aktif dalam member warna pada tumbuhan dan buah-buahan seperti warna daun pada saat musim gugur. Sebagai pelindung tubuh kita dari beberapa kerusakan sel-sel akibat radikal bebas, sehingga dapat dikatakan bahwa polifenol sebagai anti penuaan dini pada manusia, anti inflamasi, anti kanker dan antipatogen. Disebabkan begitu banyaknya manfaat antioksidan oleh polofenol ini maka akan terjadi peningaktan asupan zat ini dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

diet polifenol

Sayuran mengandung Polifenol – Ist

Berikut makanan jenis buah-buah atau sayuran yang mengandung Polifenol yang tinggi, diantaranya adalah :

Buah-buahan

Polifenol pada buah-buahan terdapat pada buah yang berwarna cerah karena di dalam isi buah tersebut terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, semakin cerah warna buah maka semakin tinggi kapasitas antioksidannya, seperti warna cerah pada buah delima dan strobery, warna biru tua pada bluberry, warna oranye pada jambu biji. Dan setiap 100 gram buah ini akan memberikan 200-300 miligram polifenol, dan buah yang lain seperti jeruk, kismis, anggur merah, cranberry, ceri, plum kering, raspberry serta buah prune, pada buah-buah ini juga terdapat polifenoal.

Sayur-sayuran

Pada sayuran bahwa polifenol juga ditemukan, tentunya sayuran yang berwana hijau seperti daun kol, kangkung, lobak, blokoli, selada, selada air dan beberapa jenis sayuran yang ternyata mengandung antioksidan, sayuran lainnya seperti terong, kubis merah, ubi jalar serta bawang. Sayuran ini malah mengandung polipenol yang cukup banyak dan bagus untuk dikonsumsi.

Teh

Kandungan polifenol juga terdapat pada daun Teh, misalnya teh hitam serta teh hijau, teh hijau ini mempunyai kandungan polifenol yang cukup tinggi, secangkir teh hijau 200 ml saja mengandung 266 miligram polifenol, yang artinya sama saja dengan satu porsi brokoli. Sedangkan teh hitam terdapat polifenol sebanyak 233 miligram polifenol, sehingga dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi teh setiap hari dan ukuran yang pas setiap hari akan menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

Herbal

Polifenol pada herbal juga menjadi salah satu sumber yang tinggi antikosidannya. Pada herbal terdapat pada kemangi, kayu manis, kari, oregano, serta thyme, ini adalah jenis herbal yang mempunyai antioksidan polifenol yang tinggi. Ramuan herbal ini berfungsi untuk digunakans sebagai antivirus dan antibakteri.

Demikian beberapa hal mengenai Polifenol dan manfaatnya bagi tubuh manusia, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini