Ciri-Ciri Orang Tua yang Sukses Mendidik Anak

by
February 11th, 2015 at 1:52 pm

CiriCara.com – Menjadi apa anak di masa depan nanti? Itu semua tergantung dari bagaimana cara orang tua mendidiknya. Pasalnya perilaku anak ini mencerminkan didikan orangtuanya. Apakah si anak itu akan menjadi anak yang baik atau justru nakal.

keluarga bahagia

Sukses mendidik anak – Ist

Sering kali setiap kali ada anak yang nakal, pasti kebanyakan orang akan menanyakan siapa orangtuanya. Seakan semua hal yang dilakukan si anak adalah hasil didikan orangtuanya. Padahal sebagai orang tua tentu kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Bagaimana dengan Anda? Apakah selama ini sudah berhasil mendidik anak atau justru sebaliknya?

Yuk mari simak ciri-ciri orang tua yang sukses mendidik anak:

1. Pandai bergaul

Anak Anda bisa cepat akrab dengan anak seumurannya dan bisa punya teman baik? Ini ciri kalau Anda telah berhasil mendidiknya untuk bersosialisasi. Ini akan jadi bekal yang bagus untuk si anak di masa depan nanti.

2. Mau berbagi

Mengajari anak untuk berbagi itu sangat sulit. Jika ternyata anak Anda mau berbagi dengan teman atau orang lain, entah itu berbagi mainan atau makanan. Ini ciri kalau Anda telah berhasil mendidik anak. Anak yang suka berbagi pasti akan memiliki banyak teman.

3. Menghormati orang tua

Lihat bagaimana cara anak bersikap terhadap orang yang lebih tua. Jika dia memiliki rasa hormat, sopan dan satun terhadap orang yang lebih tua, ini ciri kalau Anda telah berhasil mendidiknya. Kebanyakan anak zaman sekarang itu sudah tidak hormat lagi terhadap orang tua. Jadi, beruntunglah Anda memiliki anak yang hormat terhadap orang tua.

4. Membuat bangga

Apakah si anak pernah membuat Anda bangga, entah itu di sekolah maupun di bidang lainnya? Jika iya, itu artinya Anda telah berhasil mendidik anak. Bagi anak, membuat bangga orangtuanya adalah kesuksesan yang tidak ternilai.

5. Bahagia dan ceria

Lihat raut muka anak Anda, apakah dia terlihat bahagia dan ceria saat bermain? Ini ciri kalau Anda telah sukses mendidik anak. Mendidik anak terlalu keras hanya akan membuat dia tertekan dan tidak bisa menikmati masa kecilnya seperti anak lainnya.

Bagaimana? Apakah ciri-ciri di atas ada pada anak Anda? Jika tidak ada, Anda tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada orang tua yang sempurna di dunia ini. Dan begitu pun sebaliknya, tidak ada anak yang sempurna di dunia ini. Anda hanya perlu menyayangi dan mengasihi anak, karena itu lah yang mereka butuhkan.

(YG)

Comment di sini