Jus Daun Pepaya, Obat DBD Alternatif

by
February 11th, 2015 at 11:39 am

CiriCara.com – Penyakit Demam Berdarah atau biasa dikenal dengan istilah DBD, masih jadi momok bagi Indonesia. Banyak kisah tentang DBD yang menelan korban jiwa. Bahkan, banyak pula daerah yang memberlakukan darurat DBD, karena banyaknya warga di daerah tersebut yang terkena dan meninggal oleh DBD.

daun pepaya

Jus daun pepaya – Ist

Penyakit DBD sendiri biang keladinya adalah nyamuk yang bernama aedes aegypti. Suatu waktu saya mendapat broadcast messenger dari seorang teman saya, Mas Hamdhani. Via layanan blackberry messenger, Mas Hamdhani membagikan sebuah informasi yang menurut saya sangat bermanfaat untuk diketahui siapa saja. Karena ini saya anggap bermanfaat, maka saya pun coba menulis ulangnya dan mempostingnya ke Ciricara.com. Harapan saya, apa yang saya tulis dari informasi kiriman Mas Hamdhani bisa bermanfaat bagi pembaca Ciricara.com. Informasi yang dikirim Mas Hamdhani melalui layanan broadcast messengernya adalah tentang jus daun pepaya yang katanya bisa jadi obat alternatif menyembuhkan DBD.

Menurut Mas Hamdhani dalam broadcast messengernya, kasiat jus daun pepaya didapatkannya berdasarkan pengalaman dari seorang anak laki-laki yang telah sembuh dari penyakit DBD. Padahal sebelumnya si anak tersebut tulis Mas Hamdhani, mengalami masa kritis di ICU ketika trombositnya mencapai angka 15 dan menghabiskan 15 liter tranfusi darah.

Mas Hamdhani melanjutkan kisahnya. Kata dia, ayah dari anak tersebut tiba-tiba dapat rekomendasi atau saran dari temannya yang menyarankan untuk mencoba jus daun pepaya mentah sebagai obat alternatif menyembuhkan anaknya yang diserang DBD. Dan ternyata, setelah minum jus daun pepaya mentah tersebut, trombosit anaknya yang semula 45 dengan 25 liter tranfusi darah naik dengan cepat menjadi 135. Hal ini membuat dokter dan perawat terkejut. Bahkan keesokan harinya, si anak itu sudah tidak diberikan tranfusi lagi.

Dalam broadcast messengernya, tak lupa Mas Hamdhani menuliskan cara membuat jus daun pepaya mentah tersebut. Pertama, kata Mas Hamdhani, hal yang perlu dilakukan untuk membuat jus daun pepaya adalah menyediakan bahannya yaitu daun pepaya mentah. Sediakan 2 helai daun pepaya, lalu dibersihkan, kemudian ditumbuk dan diperas dengan saringan kain. Kedua, setelah ditumbuk dan diperas, maka akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun.

Nah cara konsumsinya, takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari. Mas Hamdhani juga mewanti-wanti agar daun pepaya yang hendak di jus jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang. Mas Hamdhani juga mengingatkan, hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya. Rasa jus daun pepaya kata dia, memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminum.

Tak lupa di broadcast messengernya, Mas Hamdhani menuturkan pengalaman lain tentang khasiat jus daun pepaya mentah. Diceritakan Mas Hamdhani, seseorang dengan kondisi yang sangat parah. Orang ini keadaannya sangat kritis, di mana paru-parunya telah mulai diisi air karena angka trombositnya yang sangat rendah. Sampai-sampai dia kesulitan untuk bernafas.

Saat itu kata Mas Hamdhani, dokter hanya bisa berkata bahwa kekebalan tubuhnya yang akan bisa membuat dia bertahan. Untungnya, ibu mertua dari pasien tersebut mendengar tentang jus daun pepaya mentah tersebut. Setelah diberikan kepada pasien, keesokan hari, trombositnya mulai naik dan demamnya mulai hilang. Jus itu terus diberikan dan 3 hari berikutnya dia dinyatakan sembuh.

Di akhir pesannya, Mas Hamdhani meminta tolong agar informasi tentang jus daun pepaya di sebarkan, karena belakangan ini banyak sekali kasus penyakit demam berdarah. Kata Mas Hamdhani, dengan membroadcast informasi jus daun pepaya, banyak nyawa dapat diselamatkan.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini