Tips Menyewa Mobil Rental untuk Liburan

by
February 11th, 2015 at 2:49 pm

CiriCara.com – Anda berencana untuk pergi wisata bareng keluarga. Tapi masih bingung mau naik apa. Naik angkutan umum, takut ada anggota keluarga yang terpisah saat di perjalanan. Kan bisa merepotkan jika ada anggota keluarga yang hilang. Mending sewa mobil aja!

liburan

Liburan pakai mobil – Ist

Menyewa mobil rental bisa jadi solusi buat Anda yang ingin liburan keluarga. Tentunya dengan ini Anda tidak perlu takut lagi ada anggota keluarga yang tertinggal di tengah jalan. Perjalanan Anda sekeluarga untuk berwisata pun akan jadi lebih nyaman.

Mau sewa mobil rental tapi masih bingung? Terus soal harganya bagaimana? Jangan-jangan mobil yang disewakan tidak bagus lagi? Tidak perlu bingung, berikut ada beberapa tips untuk menyewa mobil rental yang bisa Anda ikuti:

1. Kondisi mobil

Saat berada di tempat rental mobil, Anda bisa memilih mobil mana yang akan disewa. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya jika Anda mengecek dulu kondisi mobil tersebut apakah masih bagus atau tidak. Mesin, lampu, ban, rem, klakson, dan kaca mobil semua harus dicek. Jika masih ragu, Anda bisa mencobanya dulu untuk mengelilingi area sekitar rental.

2. Spesifikasi mobil

Pilih mobil yang sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui. Misal jalanannya dipenuhi tanjakan dan turunan, Anda bisa pilih mobil berkapasitas mesin besar. Hal ini bertujuan agar mobil kuat saat menanjak. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung konsultasikan dengan pemilik rental kira-kira mobil mana yang cocok.

3. Surat-surat lengkap

Sewa mobil yang memiliki surat-surat lengkap. Hal ini mengantisipasi adanya razia pihak polisi lalu lintas. Jika surat-surat tidak lengkap, tentu hal ini akan jadi masalah dan bisa saja Anda akan ditilang. Anda tentu tidak mau dong?

4. Tentang bahan bakar minyak (BBM)

Jika ingin irit, Anda sebaiknya mencari mobil yang memang hemat BBM. Jangan sampai Anda merugi karena mobil yang disewa ternyata boros. Untuk referensi, Anda bisa mencari informasi di internet atau berdasarkan pengalaman teman/keluarga.

5. Tarif sewa

Pilih tempat rental mobil yang murah namun berkualitas. Hal ini tentu bertujuan agar Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Apalagi harga sewa mobil ini belum termasuk biaya BBM, biaya masuk tol, biaya parkir, dan biaya lainnya.

6. Asuransi

Yang namanya kecelakaan itu bisa menimpa siapa saja. Terkadang orang yang sudah jalan pelan pun bisa kecelakaan karena ditabrak. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tanyakan asuransi mobil kepada si pemilik rental. Apakah mobil yang akan disewa sudah diasuransikan atau belum. Tujuannya supaya Anda tidak perlu ganti rugi jika mobil rusak karena kecelakaan.

Jika Anda tidak mau menyetir sendiri, hati-hati dalam memilih sopir. Pilih yang memang sudah handal dan hapal dengan jalur yang akan dilalui supaya lebih aman. Semoga liburan Anda menyenangkan!

(YG)

Comment di sini