Apa Itu Turpentine?

by
February 12th, 2015 at 11:34 am

CiriCara.com – Terpen atau “turpentine” adalah bagian dari komponen resin.  Zat tersebut berperan sebagai produk akhir pada organisme umumnya, jenis terpen merupakan balok bangunan biosintetik utama dan hampir dari ciptaan makhluk hidup. Contohnya Steroid yang merupakan turunan dari triterpen skulen.

turpentine

Turpentine – Ist

Apabila terpen ini diubah secara kimiawi melalui oksidasi maka akan menghasilkan senyawa-senyawa umum atau sering disebut dengan terpenoid. Terpen atau terpenoid adalah konstituen utama dari minyak yang esensial dari banyak jenis dan tipe tanaman dan bunga. Minyak esensial ini dapat digunakan secara luas sebagai bahan aditif penyedap rasa yang alami pada makanan tertentu, atau sebagai pengharum ruangan bahkan aneka wangi-wangian. Pada obat tradisional terpen ini berfungsi sebagai bahan alternatif seperti aromateripi. Juga terpen sintetik yang merupakan terpen turunan dan terpenoid alami ini juga banyak digunakan sebagai parhum.

Zat terpen bila dilepaskan oleh pepohonan yang lebih aktif kemudian proses tersebut dihangkatkan oleh cuaca, maka terpen tersebut sangat berfungsi sebagai pembentukan dan pembenihan awan alami, dan awan ini mencerminkan cahaya matahari yang dimungkinkan semua pohon-pohon di hutan dapat mengatur suhunya sendiri. Terpen pada minuman beralkohol sangat menentukan aroma dan citarasanya, dari terpen tersebut menciptakan mersen, beta-pinen, beta-kariofilen dan alfa-humulfen.

Klasifikasi Terpenoid

Berdasarkan klasifikasinya bahwa terpenoid atau terpen dikelompokan menjadi:

  1. Monoterpenoid. Merupakan senyawa yang memiliki sifat pembauan yang spesifik yang dibangun oleh dua isoppren atau dengan jumlah atom karbon lebih kurang 10. Dan jika lebih dari 1000 jenis senyawa. Monoterpenoid terdapatpada serangga, binatang laut, vertebrata.
  2. Seskuiterpenoid. Merupakan sebuah senyawa yang dibangun oleh tiga unit isopren yang terdiri dari kerangka asiklik dan bisiklik dengan mempunyai kerangka dasar naftalen. Senyawa ini mempunyai bioaktifitas yang besar, senyawa ini terdapat pada feedant, antimikroba, hormone, antibiotic, dan toksin serta regulator pada tanamanan dan pemanis buatan.
  3. Diterpenoid. Senyawa ini merupakan pembentukan senyawa yang mempunyai 20 atom karbon yang dibangun oleh empat unit isopren senyawa, senyawa ini mempunyai bioaktifitas yang luas yaitu sebagai pertumbuhan tanaman, antifeedant serangga, senyawa pemanis, senyawa jenis ini dapat ditemukan pada pohon pinus, alga coklat, golongan coelenterata
  4. Triperpenoid, Senyawa yang dibentuk oleh 40 jenis kerangka dasar yang sudah dikenal pada proses siklisasi dari skualen. Zat ini biasanya terdapat pada minyak hati ikan hiu, minyak nabati dan zat ini digunakan sebagai pencegahan patukan ular, gangguan kulit, gangguan menstruasi, kerusakan hati dan malaria.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu terpen, mungkin bagi pembaca yang bukan dari ahli kimia belum mengetahuinya, akan tetapi tulisan ini hanya bisa digunakan sebagia pengetahuan semata. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini