Beberapa Pelajaran yang Bisa Diambil dari Banjir

by
February 12th, 2015 at 2:23 pm

CiriCara.comBanjir memang bisa dikatakan sebagai sebuah musibah yang bisa merugikan berbagai dan banyak pihak. Bisa menimbulkan berbagai masalah, merugikan berbagai kondisi hingga memunculkan berbagai konflik. Bisa kita lihat di berbagai pemberitaan melalui media baik televisi, koran, majalah radio dan media lainnya mengenai konflik yang terjadi akibat banjir baik di bidang politik hingga ekonomi.

banjir di jakarta

Banjir di depan Rumah Sakit Pluit Penjaringan – Twitter/TMC Polda Metro/@Thiiakeche

Berbagai permasalahan pun banyak terjadi seperti alasan masalah kesehatan, pendidikan masalah kehidupan sosial dan masalah lainnya. Sebagian orang menganggang banjir adalah sebuah permasalahan klasik yang terus datang dan biasanya akan merugikan kehidupannya. Namun, sadar atau secara tidak sadar, dibalik bencana ini banyak pelajaran yang dapat kita ambil atau sering orang sebut sebagai hikmah.

Berikut beberapa pelajaran yang bisa diambil melalui peristiwa banjir ini.

1. Belajar Bersyukur

Coba lihat kalau keadaan sedang tidak banjir. Misalkan saat itu keadaan hari sedang panas atau matahari sedang cerah. Kebanyakan pasti mengeluh. Aduh hari ini panas. Coba ujan kan adem. Nah, loh kalau sekarang udah hujan, malah banjir mau mengeluh juga? Coba panas aja, enak panas daripada hujan. Cobalah bersyukur kepada setiap keadaan yang ada saat ini. Jangan banyak mengeluh, coba ambil hikmahnya, bisa saja dengan banjir seperti ini, kita yang biasa sibuk bekerja, malah bisa berkumpul bersama menikmati waktu bersama keluarga. Asyik juga ‘kan guys?

2. Belajar Tolong Menolong

Begitu banyak orang yang sangat memprihatinkan keadaannya karena banjir ini. Misalnya sampai mengharuskan mereka mengungsi ke tempat lain. Oke, enak bagi yang udah punya tempat tinggal lain atau saudara di tempat lain. Coba bayangkan mereka yang tidak punya tempat mengungsi, terpaksa harus mengungsi ke tempat lain yang mungkin bisa dikatakan sangat meprihatinkan kondisinya. Tapi, harus bagaimana lagi. Karena itu banyak dibangun posko banir.

3. Belajar Memberi

Kalian yang berlebihan bisa memberikan bantuan kepada mereka. Bantuan bisa berupa uang, makanan, tempat tinggal (seperti tenda), transportasi dan lainnya. Sekecil apapun bantuan kalian, sangat berart bagi mereka.

4. Meredam Egois

Kita tidak bisa lagi egois. Kita harus melihat berbagai penderitaan yang mereka rasakan. Jangan lagi hanya mementingkan diri sendiri. Karena banjir ini bukan hanya satu orang yang merasakan. Namun banyak pihak.

Tetap bersyukur ya guys tentang semua hal yang kita dapatkan. Rasakan betapa indahnya hidup ini. Apapun yang terjadi, tetap bersyukur. Selamat hidup bahagia. Semoga Bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini