Dahsyatnya Dampak Banjir Jakarta

by
February 12th, 2015 at 2:53 pm

CiriCara.com – Dari hari Minggu, 8 Februari hingga Rabu 11 Februari 2015, banyak wilayah di Jakarta yang dikepung genangan air atau banjir. Rabu, 11 Februari, genangan mulai surut. Hari Minggu dan Senin, adalah hari terparah Jakarta dilanda banjir. Karena banjir, ribuan warga terpaksa mencari tempat yang aman. Mereka berbondong-bondong meninggalkan rumahnya yang diserbu banjir. Mesjid, sekolah, gereja dan fasilitas publik jadi tujuan warga yang terpaksa terusir oleh banjir, jadi pengungsi.

jakarta banjir

Banjir di Jakarta – Ist

Tercatat warga yang terpaksa jadi pengungsi mencapai 20 ribuan orang. Gelombang pengungsi terjadi di semua wilayah Ibu kota. Jakarta Barat, adalah wilayah terparah yang kena dampak banjir. Jumlah pengungsi pun paling banyak ada di Jakarta Barat. Yang pasti semua wilayah di Jakarta tak luput dari ‘serangan’ banjir. Banjir melanda Jakarta akibat hujan yang mengguyur selama dua hari tiada henti. Hujan mengguyur Jakarta, sejak Minggu hingga Senin.

Karena banjir, jalan di depan Istana pun terpaksa di tutup. Landmark Jakarta, yakni Bundaran Hotel Indonesia,kembali terendam. Jakarta pun kacau balau. Untungnya, sejak Selasa hujan mulai mereda. Rabu, genangan di semua wilayah Jakarta mulai surut.

Banjir tak hanya membuat susah dan repot warga. Tapi juga banjir ‘memukul’ telak aktivitas ekonomi di Ibukota. Banyak toko yang tutup. Angkutan pun banyak yang tak beroperasi. Kegiatan distribusi barang pun terhambat. Banyak truk pembawa barang yang tak bisa masuk Jakarta. Begitu pun truk-truk pengangkut barang dari Jakarta pun tak bisa keluar. Akibatnya pelaku jasa logistik rugi besar. Kerugian mereka sangat besar, mencapai trilyunan rupiah per harinya.

Dalam berita di Koran Kompas edisi Kamis 12 Februari yang saya baca, kerugiaan yang diderita pelaku bisnis jasa logistik akibat banjir di Jakarta sangat fantastis. Menurut Ketua Asosiasi Jasa Logistik Indonesia Zaldy Ilham yang dikutip Koran Kompas, kerugian yang diderita pelaku jasa logistik mencapai 4 trilyun dalam sehari. Bayangkan dalam sehari saja kerugiannya mencapai 4 trilyun. Bagaimana jika banjir mengepung Jakarta selama berhari-hari, katakanlah 5 hari. Kerugian yang akan diderita mencapai 20 trilyun.

Kerugian sebesar 4 trilyun dalam sehari itu disebabkan karena truk-truk pengangkut barang tak bisa bergerak, baik truk yang mau keluar dari Jakarta, maupun truk-truk yang hendak masuk ibukota. Menurut Zaldy Ilham, kerugian sebesar 4 trilyun dalam satu hari itu belum menghitung kerugian yang diakibatkan terganggunya proses bongkar muat barang di pelabuhan.

Karena banjir, barang yang harusnya dikirim keluar Jakarta tertahan. Akibat banjir juga, pasokan barang-barang yang mestinya masuk ibukota ikut terhambat. Banjir Jakarta memang benar-benar memukul semuanya, warga maupun pelaku bisnis. Kerugiannya pun tak tanggung-tanggung mencapai trilyunan rupiah. Satu sektor saja, yakni jasa logistik rugi 4 trilyun dalam satu hari.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini