Fakta Unik Seputar Buah Nangka

by
February 12th, 2015 at 1:15 pm

CiriCara.com – Nangka adalah buah berserat yang memiliki aroma yang khas. Pastinya kamu sering menikmati buah ini di musim tertentu. Ternyata, banyak fakta unik tentang buah ini selain rasanya yang unik dan kenyal. Apa saja itu?

buah nangka

Buah nangka – Ist

  1. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, vitamin C, magnesium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Zat besi yang terkandung dalam buah nangka bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan mencegah anemia.
  2. Buah nangka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. Jika kita memiliki luka atau borok, mengonsumsi nangka akan cepat menyembuhkan.
  3. Nangka banyak dibudidayakan di daerah tropis. Dan, tanaman bernama latin Artocarpus Heterophyllus ini diduga berasal dari India Selatan yang kemudian dibawa ke negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
  4. Buah nangka berkhasiat untuk mencegah kanker karena kandungan fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang mempunyai sifat antikanker dan antipenuaan. Selain itu, fitonutrien juga dapat membantu membunuh radikal bebas penyebab kanker dari dalam tubuh. Wow!
  5. Beberapa daerah di Indonesia memiliki kuliner yang terbuat dari buah nangka. Ada gudeg khas Jogja, keripik nangka dari Malang, gulai nangka khas Padang, dan lain-lain.
  6. Nangka disebut dalam peribahasa Jawa, ‘gupak pulut ora mangan nangkane’ yang artinya seseorang yang ikut berusaha membantu, tetapi tidak mendapatkan hasilnya. Unik, ya?
  7. Buah yang berwarna kuning cerah ini memperlancar percernaan, lho! Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini dapat mencegah sembelit dan membantu pergerakan usus halus.
  8. Karena buah nangka memiliki kandungan magnesium yang penting untuk penyerapan kalsium, maka dengan mengonsumsi buah ini, kamu sudah memperkuat tulangmu!
  9. Buah nangka dapat menurunkan tekanan darah. Mengapa? Karena buah yang kulitnya menyerupai duri ini mengandung kalium. Sehingga, resiko serangan jantung dan stroke dapat dihindari.
  10. Mengonsumsi buah nangka dapat meningkatkan energi. Sebab, ada kandungan gula seperti fruktosa dan sukrosa.
  11. Tak hanya buahnya yang bermanfaat, akar pohonnya ternyata dapat digunakan sebagai obat. Akar pohon nangka yang direbus dapat digunakan untuk mengontrol asma.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini