Pak Sutopo Purwo Nugroho Juru Kabar Banjir

by
February 12th, 2015 at 9:26 am

CiriCara.com – Pak Sutopo Purwo Nugroho, mungkin adalah orang yang paling sibuk dikala musim hujan tiba. Jabatannya sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat Pak Sutopo harus siap siaga mencermati dampak dari musim hujan yang acapkali melahirkan bencana, terutama banjir dan longsor.

Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo Purwo Nugroho – Ist

BNPB sendiri, adalah badan yang khusus didirikan untuk mengurus masalah bencana. Jejaring badan ini sampai tingkat daerah, dimana untuk tingkat daerah dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Maka, setiap terjadi peristiwa bencana, Pak Sutopo sigap mengabarkan. Via layanan blackberry messenger, Pak Sutopo rutin mengabarkan informasi bencana di seluruh Indonesia. Bahkan perkembangan demi perkembangan ia update tiap jam-nya yang kemudian ia sebarkan via BBM.

Untuk keperluan itu, Pak Sutopo memiliki blackberry khusus yang ia gunakan hanya untuk mengabarkan informasi bencana. Hampir semua PIN milik wartawan dari berbagai media masuk jadi jejaring temannya di blackberry khususnya. Salah satunya saya yang jadi daftar ‘teman’ Pak Sutopo.

Seperti saat Jakarta kembali dilanda banjir, Pak Sutopo dibuat sibuk. Tiap hari, bahkan tiap jam ia mengirim informasi tentang perkembangan banjir di Jakarta yang ia kirimkan via broadcast messenger. Broadcast messenger itulah yang ia sebarkan ke semua PIN para awak media yang masuk dalam daftar ‘temannya’. Informasi banjir Jakarta yang dikabarkan Pak Sutopo terbilang lengkap, mulai dari perkembangan tinggi debit air, perkiraan hujan, titik-titik genangan air, hingga jumlah pengungsi yang diinformasikan detil per kecamatan.

Bahkan, perkembangan pasang surutnya banjir ia update dengan rutin. Tiap jam ia kirimkan informasi. Terkadang juga ia update selang beberapa menit saja. Kawan saya, Bang Ken Girsang, wartawan Jawa Post News Network (JPNN), sampai menjuluki Pak Sutopo sebagai juru kabar bencana nomor satu di Indonesia. Julukan yang tepat untuk disandang Pak Sutopo. Karena lewat kabar rutinnya, publik bisa tahu perkembangan bencana di Indonesia yang di siarkan via media, baik cetak maupun elektronik.Maka sudah sepatutnya kkita berterima kasih kepada Pak Sutopo, karena dedikasinya kita bisa taahu perkembangan peristiwa bencana di Indonesia.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini