Cara Mendaftar SNMPTN 2015

by
February 13th, 2015 at 4:36 pm

CiriCara.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akhirnya resmi dibuka pada hari ini, Jumat, 13 Februari 2015. Buat para calon mahasiswa atau mahasiswi yang belum mendaftar, ayo buruan daftar sekarang juga!

SNMPTN

Ist

Tahap pendaftaran SNMPTN 2015 ini akan berlangsung hingga 15 Maret 2015. Menurut kabar yang beredar, untuk tahun ini pendaftaran SNMPTN digratiskan karena semua biaya seleksi sudah ditanggung oleh pemerintah.

Humas SNMPTN 2015 Panitia Lokal Surabaya Ismaini Zain mengingatkan kepada para calon peserta agar melihat daya tampung di masing-masing Perguruan Tinggir Negeri (PTN) yang tersedia. Pasalnya ada PTN yang menurunkan kuota penerimaan lewat jalur SNMPTN.

Untuk membantu kamu dalam melakukan pendaftaran, berikut akan dijelaskan tata cara pendaftaran SNMPTN 2015, seperti dikutip dari Okezone.com:

1. Baca panduan pendaftaran

Kamu bisa langsung mendaftar melalui situs resmi SNMPTN 2015 (http://snmptn.ac.id). Tapi sebelum mendaftar ada baiknya kamu baca dulu panduan lengkap pendaftarannya. Baca dan pahami panduan tersebut. Jika masih bingung, kamu bisa minta bantuan ke call center.

2. Hubungi pihak sekolah

Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN, kamu minta dulu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password dari pihak sekolah untuk login ke Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS). Nantinya data ini lah yang dipakai untuk melakukan pendaftaran SNMPTN.

3. Daftar online

Kunjungi laman http://snmptn.ac.id. Masukkan NISN dan password yang telah kamu dapat dari pihak sekolah. Setelah berhasil login, nantinya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa form. Mulai dari biodata lengkap, pilihan PTN dan pilihan program studi.

Selain mengisi form, kamu akan diminta untuk melampirkan dokumen prestasi kamu di sekolah (jika ada). Kamu juga harus mengunggah foto resmi terbaru kamu. Mengenai spesifikasi foto, kamu ikutin saja sesuai dengan apa yang diminta.

4. Pilihan kampus dan program studi

Kamu dapat memilih maksimal dua PTN. Jika memilih dua PTN, salah satunya harus yang satu provinsi dengan SMA kamu. Kampus yang satunya bisa kamu pilih terserah yang di Indonesia bagian mana saja.

Kamu boleh memilih program studi (prodi) maksimal tiga prodi. Dengan ketentuan satu PTM maksimal dua prodi yang dipilih. Jadi tidak boleh satu PTN tiga prodi. Khusus untuk lulusan SMK/MAK hanya dibolehkan memilih prodi yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

5. Cetak kartu bukti pendaftaran

Setelah semua data terisi dengan benar dan lengkap, kamu bisa langsung mencetak kartu bukti pendaftaran SNMPTN 2015. Simpan kartu ini dengan baik dan jangan sampai hilang. Karena kartu ini akan digunakan dalam proses verifikasi data mahasiswa baru jika kamu dinyatakan lulus.

PTN yang kamu pilih nantinya akan menyeleksi berkas-berkas yang sudah dikirim berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Pengumuman hasil seleksi ini akan diumumkan pada tanggal 9 Mei 2015.

(YG)

Comment di sini